Motivasi ‘Cantik’ ala Putri

Padang, Ditjen Diksi – Selain berupaya menumbuhkan minat yang tinggi terhadap studinya, para peserta didik satuan pendidikan vokasi, semisal dari jenjang sekolah menengah kejuruan (SMK), memang membutuhkan banyak support. Tak terkecuali yang diberikan oleh para alumninya.

Salah satunya seperti yang disajikan oleh sosok Putri Melati. Alumnus SMK Negeri 6 Padang, Sumatra Barat, ini berkesempatan menjadi guru tamu dari industri untuk memperkenalkan alat kecantikan bernama 17 in 1 multifuction beauty equipment pada siswa-siswi jurusan tata rias dan kecantikan di sekolah tersebut beberapa waktu lalu.

Putri pun memulai kisahnya pada tahun 2017 silam, kala memutuskan untuk masuk SMK Negeri 6 Padang atas anjuran orang tuanya. Namun seiring bergulirnya waktu, dirinya mengaku mendapatkan keramahan pengajar dan sistem belajar yang sangat baik dan mendukung studinya. “Inilah yang membuat saya bertekad untuk menuntaskan pendidikan di jurusan tata rias dan kecantikan dengan sebaik mungkin,” ujarnya.

Menurut Putri, dirinya banyak mendapatkan ilmu baru yang membuatnya sangat senang belajar di SMK. “Kita belajar bukan hanya tentang bagaimana menjadi cantik, tapi kita juga belajar struktur kulit, anatomi kulit, dan bagaimana kita bekerja dengan benda hidup (manusia),tuturnya.

Perempuan kelahiran tahun 2001 ini menjelaskan, ilmu kecantikan yang dipelajarinya selama mengemban studi di SMKN 6 Padang itu telah membuahkan hasil yang terbilang memuaskan, bahkan sejak ia masih duduk di bangku kelas 11. “Penghasilan pertama saya, alhamdulillah cukup terbilang besar. Dalam satu minggu saya bisa menghasilkan Rp3 juta,” ungkap Putri.

Keberhasilan Putri dalam mengimplementasikan ilmu yang ia pelajari selama duduk di bangku SMK juga ditunjang dengan adanya Setifikat Juara I Lomba LKS Tingkat Provinsi dan Sertifikat MOE dari Lomba LKS Tingkat Nasional yang pada akhirnya membuat Putri dengan mudah diterima dalam industri kecantikan, hingga ia dapat bekerja di Klinik dr. Beaute by dr. Azrida sampai saat ini.

Meski dirinya tengah bekerja di salah satu klinik di Kota Padang, Putri diketahui juga menjalani profesi sebagai make up artist (MUA) dan berniat untuk mengembangkannya ke depannya. “Untuk mengembangkan, tentunya saya perlu pasar yang bisa mengenal saya sebagai MUA. Pemasaran saya melalui sosial media, dan saya selalu berusaha meng-upgrade secara teknik dan trend masa kini di bidang MUA,” jelas Putri menjelaskan targetnya saat ini.

Tak ketinggalan, Putri juga turut memberikan motivasi kepada masyarakat Indonesia terkait pendidikan vokasi yang berhasil mengantarkannya pada keberhasilannya saat ini. “Buat kamu yang punya cita-cita untuk siap kerja dan senang belajar ilmu praktis agar bisa langsung diterapkan di dunia kerja, kalian bisa pilih pendidikan vokasi untuk jenjang perguruan tinggi. Selamat berjuang teman-teman!” ujar perempuan kelahiran Padang ini dengan penuh semangat. (Diksi/ZN/AP)