Macam-macam Bentuk Cincin Menurut Guru Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan

Macam-macam Bentuk Cincin Menurut Guru Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan

Jakarta, Ditjen Vokasi - Tak hanya sebagai perhiasan, cincin juga menjadi lambang keindahan dan menyempurnakan penampilan. Maka dari itu, perempuan sangat antusias terhadap aksesoris ini, terutama ketika menghadiri acara-acara penting. Namun, tahukah kamu bahwa cincin pun memiliki berbagai macam bentuk, terutama pada bagian mata cincin?


Pendidikan vokasi di sekolah menengah kejuruan (SMK) juga turut mempersiapkan tenaga ahli yang kompeten di bidang perhiasan. Salah satu praktik keahliannya adalah pembuatan cincin. Solikin Marsana selaku guru Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan, SMKN 58 Jakarta menuturkan bahwa murid-murid di SMKN 58 Jakarta difasilitasi dengan pembelajaran pembuatan cincin manual maupun berbasis teknologi. 


“Bentuk-bentuk cincin tersebut juga seringkali menjadi praktik dan project based learning (PBL) di SMK. Kami sering memberikan proyek kepada murid khususnya saat mengikuti berbagai pameran,” jelas Solikin


Dari berbagai macam metode tersebut, terdapat beberapa macam bentuk cincin yang menarik dan populer. Berikut adalah penjelasannya menurut Solikin.


  1.  Cincin Solitaire

Cincin yang paling banyak ditemui adalah cincin solitaire. Cincin ini biasanya memiliki empat sisi penyangga dengan satu batu permata di tengah. Dengan keanggunannya tersebut, tak heran cincin solitaire biasanya menjadi pilihan yang menarik untuk cincin pertunangan atau pernikahan. Akan tetapi, cincin ini pun tak jarang digunakan di acara-acara besar seperti menghadiri undangan dan lain sebagainya. 


  1. Cincin Pave

Jika batu permata di cincin solitaire dipasang dengan empat sisi penyangga dan diletakan lebih menonjol, maka cukup berbeda dengan cincin pave. Cincin pave batu permatanya biasanya ditanam dan ditempel pada sepanjang pita cincin.  Desain ini memberikan kesan kemewahan dan elegan tanpa harus menggunakan batu utama yang besar. 


  1. Cincin Bezel

Batu permata di dalam cincin bezel dikelilingi oleh lingkaran logam yang menjaga batu di tempatnya. Desain ini membuat batu permata lebih aman dan cocok untuk orang yang memiliki gaya hidup aktif. Selain itu, cincin bezel memberikan tampilan yang bersih dan modern.


  1. Cincin Kustom

Cincin custom adalah cincin yang dibuat khusus untuk pemesan sesuai dengan keinginan mereka. Pemesan dapat memilih desain, bahan, dan batu permata yang sesuai dengan selera mereka dengan bantuan perajin perhiasan yang berpengalaman. Cara terbaik untuk membuat perhiasan yang benar-benar unik dan bermakna adalah dengan membuat cincin khusus.


Itulah berbagai macam bentuk cincin yang bisa Sobat Vokasi ketahui. Bagi pecinta perhiasan dapat menggunakan berbagai bentuk cincin untuk mengekspresikan gaya dan kepribadian mereka. Dari desain klasik hingga modern, setiap bentuk cincin memiliki gaya dan keindahan yang unik. (Zia/Cecep)