Kerja di Industri Penerbangan, Tiga Perguruan Tinggi Vokasi ini Bisa Jadi Pilihan Kamu

Kerja di Industri Penerbangan, Tiga Perguruan Tinggi Vokasi ini Bisa Jadi Pilihan Kamu

Jakarta, Ditjen Vokasi - Industri penerbangan merupakan sektor yang terus berkembang dan membutuhkan banyak tenaga ahli, terutama di bidang teknis dan pemeliharaan pesawat. Pendidikan vokasi khususnya di perguruan tinggi vokasi (PTV) dapat menjadi pilihan terbaik untuk mengasah kompetensi di bidang tersebut.


Tak hanya itu, lulusan vokasi pun tak dapat lagi dipandang sebelah mata, begitupun pada bidang teknisi penerbangan ataupun perawatan pesawat. Dengan pendekatan praktis dan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan industri, lulusan vokasi banyak dicari oleh perusahaan penerbangan di Indonesia maupun luar negeri.


Bagi Sobat Vokasi tertarik untuk terjun ke industri penerbangan, tiga perguruan tinggi vokasi (PTV) ini dapat menjadi pilihan. Ada apa saja? Berikut penjelasannya.


  1. Politeknik Negeri Bandung (Polban)

Sebagai satuan pendidikan vokasi, Polban turut mempersiapkan tenaga profesional di berbagai bidang, tak terkecuali untuk industri penerbangan. Polban memiliki Program Studi (Prodi) Aeronautika yang termasuk ke rumpun Jurusan Teknik Mesin. 


Prodi ini fokus pada pemeliharaan dan pengelolaan pesawat udara, serta mengajarkan keterampilan praktis dan teknis yang dibutuhkan dalam pemeliharaan pesawat. Mahasiswa akan belajar tentang teknologi mesin pesawat, sistem avionik, dan prosedur keselamatan penerbangan.


  1. Politeknik Negeri Malang (Polinema)

Perguruan tinggi vokasi lainnya yang mampu mempersiapkan tenaga ahli di bidang perawatan pesawat udara adalah Polinema dengan Prodi Teknik Perawatan Pesawat Udara (TPPU). Untuk meningkatkan kurikulumnya, Polinema bekerja sama dengan beberapa perusahaan penerbangan nasional, yaitu PT GMF AeroAsia, Tbk. Dengan kolaborasi ini prodi menjalankan Aircraft Maintenance Training Organization (AMTO) yang dapat menerbitkan dua jenis Basic License untuk mahasiswa.


Kurikulum ini dirancang sesuai dengan Certified Aircraft Maintenance License (CAML) dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan. Di sini, mahasiswa pun mendapatkan fasilitas laboratorium simulasi perawatan pesawat, hanggar pesawat untuk ruangan praktikum, serta engine testing bay. Hal ini dapat memungkinkan mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung sesuai standar industri.


  1. Politeknik Negeri Batam (Polibatam)

Jika PTV sebelumnya terletak di pulau Jawa, bagi Sobat Vokasi yang tinggal di pulau Sumatra bisa menempuh pendidikan Prodi TPPU juga di Polibatam. Walaupun tergolong program studi baru, sudah banyak lulusan Polibatam di program keahlian ini yang belum lulus sudah berkarier di perusahaan-perusahaan penerbangan tanah air. Contohnya seperti di PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk, PT Lion Mentari Airlines, dan lain-lain. 


Itulah tiga PTV yang bisa jadi pilihan jika kamu ingin berkarier di industri penerbangan. Melalui pendidikan vokasi, kamu dapat fokus pada pengembangan keterampilan teknis yang sangat diperlukan dalam industri penerbangan. Jadi, sangat cocok bagi kamu yang menyukai bidang teknis khususnya yang ingin berkarier di industri penerbangan. (Zia/Cecep)