Kemdikbud-Ristek Luncurkan Beasiswa SDM Pendidik Akademik

Jakarta, Ditjen Diksi – Dalam upaya meningkatkan mutu tenaga pendidik dan kependidikan perguruan tinggi, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) dan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi) bersama LPDP meluncurkan beasiswa gelar dan non-gelar. Beasiswa tersebut diperuntukkan bagi sumber daya manusia (SDM) pendidik akademik guna meningkatkan kompetensi, sehingga dapat melahirkan lulusan-lulusan akademik yang berkualitas.

“Kita berharap, lulusan perguruan tinggi itu bukan berapa yang lulus, berapa nilai IPK, tapi itu mereka pada ke mana? Apakah masih bergantung pada kiriman orang tua?” ujar Nizam selaku Dirjen Pendidikan Tinggi (11/5).

Nizam juga berharap semakin banyak SDM unggul yang terlahir sehingga mahasiswa yang lulus dapat mandiri dan berdikari, tidak bergantung pada orang lain, serta menyiapkan dirinya sendiri.

Sementara itu Dirjen Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto mengatakan bahwa ketersiapan bagi para pendidik perguruan tinggi juga begitu diharapkan, agar beasiswa ini dapat menyasar pada visi untuk melahirkan SDM pendidik perguruan tinggi yang berkualitas, serta lulusan pendidikan tinggi yang unggul. Terlebih, Ditjen Diksi juga telah memberikan dukungan serupa untuk melahirkan generasi unggul yang dapat berdaya saing global dengan memberikan berbagai beasiswa. Salah satunya adalah beasiswa D4/sarjana terapan yang diperuntukkan bagi calon guru SMK.

“Untuk di Ditjen Vokasi, ada beberapa beasiswa, termasuk beasiswa D4/SI untuk calon Bapak/Ibu guru SMK, pendidik vokasi masa depan. Kita siapkan beasiswa ini, tidak ditarget untuk ijazahnya, tapi juga kita dorong untuk memiliki kaidah pedagogik dan sertifikasi kompetensi,” tutur Wikan.

Beasiswa memang merupakan salah satu bentuk dukungan serius pemerintah dalam melancarkan berbagai program mencetak SDM unggul. Karenanya, berbagai pihak saling bersinergi dalam mewujudkannya.

“Kami merasa Kemdikbud-Ristek dan LPDP ini satu perahu atau satu rumah dengan satu pintu, tapi dengan dua jendela. Kita join force, resource SDM kita bagi sehingga tidak terjadi lagi duplikasi. Sehingga, kita bisa menyasar tujuan-tujuan yang sangat penting untuk kemajuan bangsa,” kata Dwi Larso, Direktur LPDP.

Adapun beasiswa SDM Pendidik Perguruan Tinggi yang diberikan oleh Kemdikbud-Ristek ini diperuntukkan bagi pendidik dari perguruan tinggi maupun politeknik yang berada di bawah naungan kementerian. (Diksi/Tan/AP/Teguh Susanto)