Jangan Asal, Perhatikan Tip Berikut untuk Merawat Peralatan Kue dan Pastri

Jangan Asal, Perhatikan Tip Berikut untuk Merawat Peralatan Kue dan Pastri

Tulungagung, Ditjen Vokasi - Peralatan pastri  yang bersih terawat dengan baik sangat penting untuk menghasilkan roti dan kue yang aman untuk dikonsumsi. Selain itu, menjaga peralatan tersebut dengan baik tidak hanya memperpanjang umur pemakaian alat-alat, tetapi juga menjaga kualitas hasil produksi. 


Kebersihan peralatan juga termasuk materi penting yang dipelajari di sekolah menengah kejuruan (SMK), tak terkecuali SMK Boyolangu 2, Tulungagung, Jawa Timur. Praktik di SMK pada Program Keahlian Kuliner tentu saja membutuhkan perawatan alat-alat sehingga tetap bisa dipakai dalam jangka panjang. 


Diesti Wahyuningsih selaku guru Program Keahlian Kuliner, SMKN 2 Boyolangu, mengungkapkan bahwa kebersihan adalah kunci penting di bidang kuliner. Setiap selesai praktik guru-guru dan murid juga bersama-sama membersihkan peralatan. Berikut adalah perawatan peralatan pastri yang bisa Sobat Vokasi terapkan juga di sekolah ataupun di rumah masing-masing. 



  1. Cuci dengan Air Hangat

Cara mencuci peralatan pastri pun tak sembarang. Menurut Diesti, ada beberapa peralatan yang perlu dicuci atau direndam air hangat terlebih dahulu dengan menggunakan sabun, seperti spatula, blender, mixer, loyang, maupun cetakan. Setelah itu barulah gosok dengan spons lembut. Hal ini akan membantu untuk melepaskan adonan ataupun kotoran yang ada di peralatan.


  1. Keringkan dengan Benar

Hal terpenting setelah mencuci peralatan adalah mengeringkannya dengan benar. Pastikan peralatan pastri benar-benar kering sebelum disimpan. Air yang tersisa dapat menyebabkan karat atau jamur pada peralatan logam dan kayu. Keringkan alat dengan kain bersih atau biarkan kering secara alami di rak pengering. Barulah sesudah itu simpan kembali ke tempat semula.


  1. Gunakan Peralatan Sesuai dengan Fungsinya

Untuk menjaga peralatan tetap dalam kondisi baik, pilih alat yang sesuai dengan kebutuhan spesifiknya. Misalnya, jangan gunakan spatula silikon pada suhu yang sangat tinggi karena dapat meleleh dan rusak.


  1. Simpan Peralatan di Tempat yang Tepat

Menyimpan peralatan juga menjadi kunci agar alat-alat tersebut tetap awet. Cara menyimpannya pun perlu diperhatikan. Sebagai contoh, Simpan loyang maupun cetakan dalam posisi vertikal agar tidak tergores atau rusak. Sementara untuk pisau, simpanlah dalam blok pisau atau rak yang khusus untuk alat tajam. Tak hanya itu, pastikan juga  mixer dan blender harus disimpan di tempat kering dan jauh dari panas.


  1. Periksa Kondisi Peralatan secara Berkala

Tak hanya empat poin di atas, Sobat Vokasi juga perlu memeriksa peralatan pastri secara teratur untuk memastikan tidak ada kerusakan. Periksa bagian yang sering mengalami tekanan, seperti gagang atau pisau spatula, serta bagian mesin mixer dan blender. Jika ada kerusakan, segera lakukan perbaikan atau penggantian.


Bagi Sobat Vokasi yang menekuni bidang kuliner berbagai tip di atas dapat diterapkan. Menjaga peralatan pastri dalam kondisi baik akan berdampak para proses pembuatan roti dan kue dapat berjalan dengan lancar sehingga hasilnya maksimal. Selain itu, peralatan yang terawat dengan baik tidak hanya memudahkan pekerjaan, tetapi juga menjamin bahwa produk yang dihasilkan bersih dan aman. (Zia/Cecep)