Industri Menginspirasi Mahasiswa Vokasi, Poltera Gelar Kuliah Umum Praktisi Industri

Industri Menginspirasi Mahasiswa Vokasi, Poltera Gelar Kuliah Umum Praktisi Industri

Sampang, Ditjen Vokasi - Kemitraan pendidikan vokasi dengan dunia usaha dan industri bukan sekadar untuk memastikan peserta didik cakap dalam bekerja. Lebih dari itu, kolaborasi ini diharapkan bisa menginspirasi mahasiswa untuk menggali secara optimal potensi diri mereka saat berkecimpung ke dunia kerja. 


Dalam rangka memberikan inspirasi mahasiswa dan menggali potensi mahasiswa, Program Studi D-3 Teknik Mesin Alat Berat (TMAB), Jurusan Rekayasa Mesin dan Industri (JRMI) Politeknik Negeri Madura (Poltera) menggelar kuliah dosen tamu yang menghadirkan narasumber dari PT Trakindo Utama dengan materi utama adalah tentang “Product Line and Engine Designation dan Basic Maintenance”. 


Terkait acara tersebut, Ketua Jurusan Rekayasa Mesin dan Industri, Poltera, Anas Fikri, menyampaikan bahwa kuliah tamu ini bertujuan agar mahasiswa mendapatkan pengetahuan baru dari praktisi atau ahli yang memiliki pengalaman di dunia industri. Hal tersebut diharapkan dapat menginspirasi para mahasiswa tentang dunia industri.


“Kami berharap, mahasiswa bisa mendapatkan perspektif dan pengetahuan baru dari para praktisi atau ahli yang memiliki pengalaman di dunia industri dan bisa menjadi pengalaman yang berharga bagi para mahasiswa,” kata Anas.   


Mengusung tema “Caterpillar Product Line”, kuliah dosen tamu ini diikuti oleh mahasiswa semester satu, semester tiga, dan semester lima, salah satunya adalah Zainuddin. Menurut Zainudin, kuliah tamu tentang basic maintenance ini telah membuka wawasan tentang perawatan mesin atau alat-alat berat.


“Saya baru menyadari betapa pentingnya pemeliharaan rutin untuk menjaga peralatan agar tetap berfungsi optimal. Saya termotivasi untuk menerapkan ilmu yang saya dapatkan ini dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan kerja maupun di rumah,” ungkap Zainuddin.



Lebih lanjut, Zainuddin berharap, ke depan kuliah dosen tamu dapat lebih sering diadakan dengan mendatangkan praktisi atau narasumber yang memiliki pengalaman di industri sebagai bekal ketika lulus nanti. 


Poltera dan PT Trakindo Utama sendiri memiliki kerja sama yang sangat baik selama ini. Perusahan yang sudah berdiri sejak tahun 1970 ini memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan Indonesia. Bisnis dan usaha yang dijalankan berorientasi pada pertumbuhan dan memberikan manfaat dan nilai di industri pertambangan, konstruksi, perkebunan dan agrikultur, minyak dan gas, energi, dan transportasi. 


Juara


Sebelumnya, tim mahasiswa yang terdiri atas tiga mahasiswa dari Program Studi D-3 TMAB, Poltera berhasil meraih juara tiga pada Lomba Kompetisi Kompetensi Keahlian Teknik Alat Berat (K3TAB) Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh PT Trakindo Utama. Ketiga mahasiswa tersebut adalah Ram A’ang Nu’manul Ula, Achmad Sofyan Hariyanto, dan Muhammad Badrus Syafa’.


K3TAB 2024 sendiri diikuti oleh 39 peserta dari Politeknik dan SMK Jurusan Teknik Alat Berat dari berbagai daerah di Indonesia. Chief Administration Officer Trakindo, Yulia Yasmina, menjelaskan bahwa K3TAB merupakan kegiatan kompetisi tahunan antar-institusi pendidikan (SMK dan politeknik) yang memiliki Jurusan Teknik Alat Berat dan bekerja sama dengan Trakindo. Kegiatan tersebut sekaligus menjadi wadah bagi para siswa maupun mahasiswa untuk untuk bersama-sama mengembangkan potensi diri, meningkatkan kualitas, meraih prestasi, dan mencapai masa depan yang lebih baik. (Poltera/Nan/Cecep)