Gandeng Puskesmas Alalak Selatan, DWP Poliban Adakan Skrining Kesehatan Gratis

Gandeng Puskesmas Alalak Selatan, DWP Poliban Adakan Skrining Kesehatan Gratis


Banjarmasin, Ditjen Vokasi - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) menggaet Puskesmas Alalak Selatan untuk melaksanakan Screening Penyakit Tidak Menular atau Pemeriksaan Kesehatan Gratis. 


Bertempat di Gedung Kantor Utama, Gazebo Lantai 2, Poliban, kegiatan  Screening Penyakit Tidak Menular ini   atau Pemeriksaan Kesehatan Gratis ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan civitas akademica Poliban serta mendeteksi dini kemungkinan seseorang terkena penyakit tidak menular. Dengan demikian, diharapkan kegiatan ini bisa mencegah dan mengendalikan penyakit menular sedini mungkin. 

Ketua DWP Poliban Lina Herlina.

“Seperti yang kita ketahui deteksi dini atau skrining penyakit tidak menular ini sangat penting dilakukan agar kita dapat mengetahui lebih dini keadaan tubuh kita,” ujar Ketua DWP Poliban, Lina Herlina, saat membuka kegiatan skrining, Rabu (26-06-2024).

Pada kegiatan kali ini, Poliban menggandeng serta Puskesmas Alalak Selatan. Sementara kegiatan ini mencakup sejumlah jenis pemeriksaan yang bisa dilakukan, antara lain cek berat badan, tekanan dan gula darah, serta konsultasi kesehatan.  

“Kami dari Puskesmas Alalak Selatan ingin melakukan skrining kesehatan, khususnya terkait penyakit hipertensi dan diabetes, karena ini lagi meroket sekarang baik di kalangan tua maupun usia muda. Untuk mencegah itu maka kita laksanakan deteksi secara dini seperti ini,” ungkap Kepala Puskesmas Alalak Selatan, Siti Khadijah.

Siti Khadijah berharap, dengan dilaksanakannya skrining ini bisa meningkatkan wawasan tentang pola hidup sehat di lingkungan Kampus Poliban.

“Saya berharap, setelah ini Bapak Ibu sekalian bisa lebih semangat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan. Dan ke depannya semoga kerja sama kita ini bisa berjalan terus berlanjut,” ujarnya. (Poliban/Nan/Cecep)