5 Ide Olahan Daging untuk Hari Raya Iduladha Menurut Instruktur Kursus Boga

5 Ide Olahan Daging untuk Hari Raya Iduladha Menurut Instruktur Kursus Boga

Sleman, Ditjen Vokasi - Hampir sama dengan Hari Raya Idulfitri, Iduladha menjadi momen berkumpul keluarga yang ditunggu-tunggu. Salah satu tradisi utama pada perayaan Iduladha adalah penyembelihan hewan kurban, seperti sapi, kambing, atau domba. Biasanya daging hewan tersebut kemudian dibagikan kepada yang membutuhkan dan dimasak menjadi hidangan lezat untuk dinikmati bersama keluarga. 


Dari banyaknya masakan olahan daging, Maman Rukmana selaku instrukrur kursus boga di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Budi Mulia Dua, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memberikan beberapa rekomendasi. Tidak hanya rendang ataupun semur daging yang sudah jadi makanan favorit, tetapi ada beberapa rekomendasi masakan lainnya. Berikut adalah 5 ide olahan daging beserta resepnya.


  1. Dendeng Serundeng

Daging sapi untuk disajikan di momen Iduladha adalah dendeng serundeng. Maman menjelaskan cara memasaknya cukup mudah. Pertama, daging dimasak terlebih dahulu dengan bumbu putih lalu tambah santan. Setelah empuk, daging bisa dipukul-pukul agar melebar. Untuk membuat serundengnya, kelapa parut disangrai dengan bumbu bawang putih, garam, dan bumbu kaldu. Aduk sampai kering dan masukan daging. 


  1. Sate

Olahan daging lainnya yang bisa dijadikan masakan adalah sate. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai macam olahan sate, mulai dari sate sambal kacang, maranggi, sampai dengan sate taichan. Jika ingin mengolah sate maranggi pastikan agar daging yang digunakan adalah daging sapi yang telah dimarinasi dengan bumbu khas maranggi, seperti kecap manis, bawang putih, ketumbar, dan air asam jawa. 


  1. Gulai atau Tongseng Kambing

Olahan daging kambing yang tak bisa dilewati adalah gulai. Makanan khas Sumatra ini memiliki ciri khas dengan bumbu kuning dan rasa yang agak pedas.  Maman menyarankan untuk menggunakan daging kambing muda agar lebih empuk dan tidak prengus. Gulai kambing memiliki kuah kental yang penuh dengan rempah-rempah seperti jintan, santan, ketumbar, dan kunyit. Sementara untuk olahan tongseng, bumbunya hampir mirip dengan semur. Tongseng kambing dikenal dengan rasa gurih dan manis dari kecap manis yang berpadu dengan aroma rempah yang kuat.


  1. Sup Daging

Jika bosan dengan olahan daging tanpa kuah, maka membuat sup daging bisa menjadi pilihan yang tepat. Pastikan tambahkan sayuran seperti wortel, kentang seledri membuat hidangan ini tidak hanya lezat tetapi juga menyehatkan. Sup daging biasanya dimasak dengan bumbu sederhana, seperti bawang putih, bawang merah, jahe, dan merica.


  1. Bakso

Membuat bakso sendiri di rumah juga bisa jadi makanan yang lezat untuk disajikan saat kumpul bersama keluarga. Daging sapi dapat digiling terlebih dahulu lalu dicampurkan dengan tepung tapioka dan bumbu penyedap. Sajikan bakso dengan kuah kaldu yang lezat. 


Itulah lima ide olahan daging yang bisa kamu buat untuk memeriahkan Hari Raya Iduladha di rumah. Selamat mencoba, Sobat Vokasi! (Zia/Cecep)