Zirwen Hazry, Perupa Andal Asal SMKN 4 Padang

Zirwen Hazry, Perupa Andal Asal SMKN 4 Padang

Padang, Ditjen Diksi - Beragam kompetensi yang disuguhkan oleh satuan pendidikan vokasi nyatanya mampu menjawab tantangan dunia dalam melahirkan talenta-talenta unggul. Salah satunya, Zirwen Hazry, perupa (pelukis) Indonesia andal yang lahir dari SMKN 4 Padang.

 

Pria kelahiran Taratak, Payakumbuh, Sumatra Barat, 21 Maret 1968 ini menekuni passion di bidang seni rupa sejak duduk di bangku SMK. Hal itu pula yang membuatnya menempuh pendidikan di SMKN 4 Padang yang dulu dikenal dengan Sekolah Menengah Seni Rupa (SMSR).

 

Menurut Zirwen, melahirkan karya merupakan salah satu cara terbaik untuk menjalani hidup. “Berkarya seni (melukis) adalah salah satu cara memandang dan menjalani hidup. Jalan untuk mengenal hakikat keindahan dari yang Mahaindah,” tuturnya.

 

Konsisten menekuni dunia seni rupa, Zirwen memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di IKIP Padang dengan mengambil jurusan seni rupa. Perjuangannya menekuni passion tak sia-sia. Beragam penghargaan telah diraihnya. Tercatat, banyak karya Zirwen yang dihadirkan pada pameran-pameran seni tingkat nasional maupun internasional. Salah satu solo exhibition yang pernah diselenggarakannya, yakni bertajuk “To See Inside” yang diselenggarakan di Vivi Yip Art Room Jakarta. 

 

Zirwen yang dikenal sebagai perupa (pelukis) kontemporer ini juga pernah meraih penghargaan pada pameran Sumatra Biennale 2012 bertajuk “Self-Discovering” yang diselenggarakan di Taman Budaya Provinsi Sumatra Barat.

 

Hingga kini, Zirwen masih terus konsisten dalam melahirkan beragam karya seni rupa yang bisa dinikmati pada buku Modern Indonesian Art: from Raden Saleh to the present day/executive art. (Diksi/Tan/AP/NA)