Logo

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi
(Ditjen Vokasi).

Jl. Jenderal Sudirman Gedung E Lantai III Senayan, Jakarta 10270
vokasi@kemdikbud.go.id

Lihat di Google Maps
Profil Kami
Berita
Gulir Ke Bawah
Cari

PNL Perkuat Kerjasama Guna Meningkatkan Sinergitas Kualitas Mahasiswa

21 Februari 2021 17:25:00Kategori : Berita   Setditjen Diksi
PNL Perkuat Kerjasama Guna Meningkatkan Sinergitas Kualitas Mahasiswa
PNL Perkuat Kerjasama Guna Meningkatkan Sinergitas Kualitas Mahasiswa
PNL Perkuat Kerjasama Guna Meningkatkan Sinergitas Kualitas Mahasiswa

Lhokseumawe, Ditjen Diksi – Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) kembali memperkuat kerja sama dengan PT Perta Arun Gas (PAG), guna meningkatkan sinergitas, kolaborasi dan partnership, terutama dalam peningkatan kualitas mahasiswa. Kerja sama yang terjalin sejak Oktober 2015 itu pun dikuatkan dengan pertemuan manajemen PNL dengan PAG di Gedung Main Office PAG Blang Lancang, Lhokseumawe (19/2).

Wakil Direktur III Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi PNL Sariyusda mengatakan, PAG adalah mitra strategis dalam mencetak SDM migas yang mumpuni. “Banyak alumni migas PNL yang telah mengisi posisi profesional dan strategis di perusahaan migas nasional dan internasional,” ujarnya.

Sariyusda berharap, mahasiswa PNL bisa melaksanakan program magang dan on the job training di PAG. “Prinsipnya kita ingin bersinergi. Nanti akan disampaikan ke pimpinan,” ujar dosen Jurusan Teknik Mesin PNL ini.

Adapun Muhammad Hatta selaku Koordinator Humas dan Kerja Sama PNL menambahkan, kurikulum yang diterapkan oleh Prodi Migas PNL yang bekerja sama dengan PAG telah diadopsi menjadi kurikulum pendidikan tinggi vokasi negeri (PTVN) yang dikenal dengan dual system. “Dalam pendidikan vokasi, dual system artinya mahasiswa dianjurkan untuk kuliah industri atau magang selama 2 semester di industri. Ini sudah lama kita laksanakan dengan PT Arun dari tahun 2007-2015 maupun PAG dari tahun 2015 sampai saat ini,” ungkap pria yang sering disapa Bung Hatta ini.

Bung Hatta berharap, mahasiswa yang menamatkan studi di PNL bisa terserap di industri dalam waktu nol sampai tiga bulan, meski hanya magang. Ditambah lagi, PNL juga sangat siap untuk menjadi lembaga recruitment calon karyawan PAG melalui Career Development Center (CDC) PNL. “CDC kami sudah sangat berpengalaman dan dipercaya oleh beberapa perusahaan besar dan ternama dalam melakukan recruitment karyawan, seperti PT Pertamina, PT Pupuk Iskandar Muda, PT Pertamina Hulu Energi NSB & NSO, PT Perta Arun Gas, PT Japan Solderless Terminal, PT Flextronic Batam, PT Indah Kiat Pulp & Paper Riau, PT RAPP Riau, dan PT Ecogreen Oleochemicals Batam,” terangnya.

Sementara itu terkait dengan program magang dan OJT, HR Manager PAG Ridwan mengatakan bahwa pihaknya sudah menyetujui. “Mudah-mudahan kerja sama ini bisa ditingkatkan. Supaya ada kesepakatan antara PNL dgn PAG, supaya kita bisa bergerak bersama,” kata Ridwan.

Ridwan pun menjelaskan, bila pihaknya membutuhkan tenaga magang, maka akan meminta ke PNL. “Kami berharap, tindak lanjutnya, kami akan kirim surat ke PNL. Tolong juga sosialisasi bahwa kami butuh tenaga yang kompeten,” lanjutnya.

Hal senada juga diungkapkan Iskandarsyah, Manager Corporate Corprate Communication & CSR PAG, yang menyatakan siap bekerja sama dengan PNL. “Dengan SOP yang ada, saya lihat ada Prodi Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol yang cocok. Maka, akan kita terima OJT dan magang di PAG. Terkait prodi yang lain, kami lihat sesuai kebutuhan,” tuturnya.

Dalam pertemuan tersebut, turut hadir Koordinator Kantor Urusan Internasional dan DUDI PNL Azwar, Ketua SPI PNL M. Rivai, Hamdani, Happi Yuhaimi, dan Muhammad Azzahari. (Diksi/PNL/AP)

Komentar ( 0 )
Beri Komentar

01.