Yuk, Belajar Live Streaming TikTok Shopping di SMK Wikrama Bogor

Yuk, Belajar Live Streaming TikTok Shopping di SMK Wikrama Bogor

Bogor, Ditjen Vokasi - Promosi produk melalui konten siaran langsung atau yang lebih dikenal sebagai live streaming sales kini sedang menjadi tren pemasaran tersendiri di Indonesia. Beberapa platform digital diketahui menyediakan fitur live streaming sales, salah satunya adalah TikTok Shopping.

 

Kegiatan promosi melalui live streaming sales ini dinilai ampuh karena berhasil menggabungkan antara konten hiburan yang bersifat interaktif dengan promosi produk secara langsung. Kedua keunggulan tersebut membuat live streaming sales dianggap cukup ampuh dan efektif dalam menggaet pelanggan baru dan meningkatkan transaksi penjualan.

 

Hal itulah yang kemudian mendasari SMK Wikrama Bogor, Jawa Barat untuk membuat kelas live streaming sales bagi para siswa di Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran. 

 

Kami ingin agar para siswa Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran itu juga mengetahui tentang apa itu live streaming sales yang sedang berkembang sehingga mereka bisa memiliki kompetensi di bidang live streaming sales dan bisa menjadi live streamer ini,” kata Ketua Program Studi Bisnis Daring dan PemasaranSMK Wikrama Bogor, Rina Finantibeberapa waktu lalu.

 

Menurut Rina, kelas live streaming sales yang ada di SMK Wikrama Bogor merupakan kelas kerja sama dengan salah satu platform digital yang menyediakan fitur live streaming sales, yakni TikTok Shopping. Kelas ini sudah mulai berjalan sejak 2020 lalu dan biasanya ditujukan untuk siswa kelas XI

 

Jadidari pihak sekolah, kami mendatangkan guru tamu langsung dari industri (TikTok Shopping) untuk mengajar para siswa tentang bagaimana menjual produk-produk melalui TikTok Shopping ini, kata Rina. 

 

Masih menurut Rina, industri pemasaran di Indonesia terus berkembang sangat dinamis seiring dengan perkembangan teknologi yang juga pesat. Oleh karena itulah, sebagai jurusan yang mencetak lulusan para marketerSMK perlu untuk beradaptasi pada tren yang terjadi di dunia marketing. Salah satunya adalah live streaming sales.

 

Karena seorang marketer itu juga harus bisa membaca peluang dan perlu untuk dapat adaptif pada tren-tren baru yang terjadi di dunia marketing, kata Rina. 

 

Kelas live streaming sales dengan TikTok Shopping ini biasanya diberikan untuk siswa kelas XI. Selain belajar tentang live streaming sales di TikTok, para siswa juga belajar berbagai media sosial lainnya, seperti Instagram, Twitter, maupun Facebook. 

 

Di kelas live streaming TikTok Shopping ini para siswa diajari untuk melakukan interaksi dan menjawab pertanyaan dari followers secara langsung. Mereka juga diajarkan tentang bagaimana meningkatkan engagement konten live streaming, termasuk dikenalkan juga dengan profesi live streamer.

 

Sementara itu, untuk produk-produk yang ditawarkan oleh para siswa saat live streaming TikTok Shopping ini merupakan produk-produk real. Produk tersebut bisa berupa produk makanan, kosmetik, kerajinan tangan, dan sebagainya. Selain merupakan produk dari SMK Wikrama Bogor sendiri, produk yang dipasarkan biasanya juga berasal dari produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mitra SMK Wikrama Bogor. Tertarik? (Nan/Adi Sutrisno)