Viralkan Praktik Baik Pendidikan Vokasi, Inilah 3 Kunci Membuat Konten Berita Menurut Ahlinya

Viralkan Praktik Baik Pendidikan Vokasi, Inilah 3 Kunci Membuat Konten Berita Menurut Ahlinya

Jakarta, Ditjen Vokasi - Banyaknya praktik baik pendidikan vokasi perlu diimbangi dengan penyebaran informasi mengenai hal tersebut. Salah satu caranya ialah dengan menulis berbagai macam narasi praktik baik pendidikan vokasi. Peran humas satuan kerja maupun satuan pendidikan vokasi pun menjadi penting dalam penyebaran informasi ini. 


Dalam sesi paparan kegiatan Temu Humas dan Publikasi Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Tahun 2024 yang dilaksanakan di Jakarta pada 20 s.d. 22 Maret 2024, Pemimpin Redaksi Datanesia.id, Dwi Setyo Irawanto, menyampaikan bahwa di era digital media daring pun dapat menjadi cara untuk menebarkan praktik baik pendidikan vokasi


“Penyebaran praktik baik pendidikan vokasi pun seharusnya dapat mudah dilakukan mengingat media juga sangat membutuhkan berita. Pastikan lembaga dapat memiliki beberapa konten artikel untuk laman dan konten media sosial,” jelas Dwi pada sesi pemaparan terkait Strategi Diseminasi Informasi di Zaman Digital pada Kamis (21-03-2024).


Tak hanya itu, Tim Humas Vokasi pun perlu memperhatikan beberapa hal mengenai cara membuat berita. Berikut adalah 3 tip kunci membuat berita yang ramah media sehingga dapat mudah viral.


  1. Miliki News Value

Konten yang menarik adalah konten yang memiliki news value dan berdampak kepada masyarakat. Dwi memaparkan bahwa sangat penting Tim Humas Vokasi membuat berita tentang pendidikan vokasi yang unik dan memiliki daya tarik. Sebagai contoh adalah inovasi-inovasi siswa dan dosen yang bermanfaat kepada masyarakat. 


  1. Kurangi Berita Seremonial

Tip lainnya agar berita pendidikan vokasi dapat dengan mudah viral adalah dengan mengurangi berita seremonial. Kemaslah berita seremonial menjadi lebih menarik dengan mencantumkan  data dan cobalah untuk menggali data tersebut sehingga memberikan pandangan baru terkait suatu peristiwa tersebut. Hal ini disebut juga dengan news peg. Dalam pengertiannya, news peg merupakan perspektif sebuah peristiwa yang membuat hal tersebut patut dijadikan berita. 


  1. Konten yang Memikat dengan Adanya Konteks

Berita yang dilirik oleh media massa adalah berita dengan memiliki konteks yang jelas. Pastikan berita-berita praktik baik pendidikan vokasi pun tercantum hal tersebut. Sebagai contoh, berita tentang sebuah program tersebut berdampak kepada siapa dan seberapa besar pengaruhnya mengubah hidup seseorang tersebut. 


Dengan memperhatikan tiga tip di atas maka akan menambah peluang tingkat keterbacaan yang tinggi sehingga berita praktik baik pendidikan vokasi pun semakin dikenal oleh masyarakat. (Zia/Cecep)