Tip Menjadi Siswa SMK yang Merdeka Berwirausaha dan Merdeka Berkarya Menurut Alumni SMK

Tip Menjadi Siswa SMK yang Merdeka Berwirausaha dan Merdeka Berkarya Menurut Alumni SMK

Jakarta, Ditjen Vokasi – Menghadapi era globalisasi dan revolusi industri, menjadi siswa SMK bukanlah sekadar mengejar ijazah, melainkan juga tentang bagaimana menjadi pribadi yang merdeka dalam berwirausaha dan merdeka berkarya. 


Ada banyak talenta-talenta emas pendidikan vokasi khususnya pada jenjang SMK yang sukses berkarier di bidangnya masing-masing, salah satunya ialah Novia Bachmid, alumnus Jurusan Multimedia, SMK Paramitha 1 Jakarta, dan Mohamad Alva Priyandhito, alumnus Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, SMK Al Hikmah Gubukrubuh.


Dalam kesempatan kegiatan Sapa Peserta Didik SMK se-Indonesia dalam rangka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah pada Selasa (16-7-2024), Novia Bachmid dan Alva membagikan kiat menjadi siswa SMK yang merdeka berwirausaha dan berkarya. 


  1. Mengenali Minat dan Bakat

Langkah pertama untuk menjadi siswa SMK yang merdeka ialah diawali dengan mengenali minat dan bakat yang terkandung dalam diri sendiri. Mengenali minat dan bakat memungkinkan siswa untuk fokus dan berkembang di bidang yang benar-benar mereka sukai.


  1. Memanfaatkan Fasilitas dan Pembelajaran di Sekolah

Manfaatkan fasilitas dan bimbingan dari guru untuk mengembangkan keterampilan teknis. Di SMK, siswa diberi banyak kesempatan untuk belajar praktik langsung dengan peralatan yang canggih. Hal ini tentunya membantu para siswa ketika belajar mengembangkan dan memperdalam kompetensi yang ia pilih.


  1. Mengembangkan Jaringan dan Relasi

Menjadi siswa yang merdeka, jaringan dan relasi menjadi hal yang penting. Untuk membangun jaringan dan relasi dapat dimulai dengan mengikuti organisasi, komunitas, mengikuti lomba, dan mengikuti seminar. Membangun jaringan sejak dini bisa membuka banyak peluang di masa depan.


  1. Konsisten dan Pantang Menyerah

Konsistensi dan ketekunan merupakan hal yang penting untuk mengembangkan diri. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi. Yang terpenting adalah tetap konsisten dan tidak mudah menyerah. Mentalitas yang kuat dan semangat yang pantang menyerah adalah kunci keberhasilan dalam berkarya dan berwirausaha.


Itu dia empat kiat sukses menjadi siswa SMK yang merdeka berkarya dan merdeka berwirausaha menurut Novia Bachmid dan Mohamad Alva Priyandhito. (Aya/Cecep)