Tip Agar Mahasiswa Vokasi Bisa Segera Bekerja

Tip Agar Mahasiswa Vokasi Bisa Segera Bekerja


Tip Agar Mahasiswa Vokasi Bisa Segera Bekerja


Jakarta, Ditjen Vokasi - Mahasiswa vokasi sejatinya sudah dipersiapkan sedari bangku kuliah untuk menguasai keahlian yang spesifik sehingga siap terjun ke industri. Oleh karena itu tidak  mengherankan jika perusahaan di Indonesia saat ini mulai banyak mencari lulusan-lulusan vokasi sebagai karyawan. Lulusan vokasi dinilai siap terjun ke dunia kerja dan dianggap lebih berpengalaman. 

Meskipun sudah dibekali dengan keahlian spesifik, lulusan vokasi tetapi harus bersaing dengan ribuan pencari kerja yang terus bertambah setiap tahunnya. Lantas bagaimana caranya agar lulusan vokasi bisa segera mendapatkan pekerjaan, berikut sejumlah tips yang disarikan dari berbagai sumber.

1.Maksimalkan potensi diri saat menjalankan kuliah vokasi

Waktu kuliah adalah saatnya untuk memaksimalkan potensi diri. Satu hal yang perlu diingat bahwa semua hal bisa dipelajari, jadi asahlah potensi diri dengan mengeksplorasi apa yang menjadi minat dan potensi yang ada pada diri kalian. Mengikuti perlombaan juga bisa jadi salah satu cara untuk mengembangkan potensi diri.


2.Manfaatkan waktu magang

Saat magang biasanya menjadi momen terbaik untuk menunjukkan kompetensi diri dan melangkah setapak menuju karier impian. Banyak mahasiswa magang yang direkrut setelah magang karena dinilai memiliki kualitas yang diperlukan oleh perusahaan. Jadi jangan sia-siakan masa magang ya. Cobalah untuk menjalin komunikasi dengan HRD walaupun masa magang telah selesai.

3.Portofolio yang profesional. 

Portofolio bisa sangat menjual saat melamar pekerjaan. Oleh karena itu, saat masih kuliah pastikan kalian mengerjakan setiap penugasan  dengan profesional sebagai bukti kompetensi keahlian karena nantinya akan berguna untuk  dijadikan sebagai portofolio berharga saat melamar pekerjaan.


4.Perluas link melalui organisasi,
Silaturahmi sejak lama dikaitkan dengan pintu rezeki. Oleh karena itu, memperkuat link melalui kegiatan organisasi juga bisa menjadi salah satu pintu untuk memudahkan kalian mendapatkan pekerjaan saat sudah lulus. Tidak hanya melalui organisasi, relasi juga bisa dibangun dengan siapa saja dari teman di komunitas, kenalan, dan sebagainya. (Nan/Cecep Somantri)