Tingkatkan Komersialisasi Opak Gambir, AKN Putra Sang Fajar Berbagai Ilmu Digital Marketing

Tingkatkan Komersialisasi Opak Gambir, AKN Putra Sang Fajar Berbagai Ilmu Digital Marketing

Blitar, Ditjen Vokasi - Akademi Komunitas Negeri (AKN) Putra Sang Fajar Blitar, Jawa Timur mendorong peningkatan bisnis opak gambir di Kampung Opak Gambir, Blitar melalui pelatihan dan pendampingan di bidang digital marketing. Upaya ini diharapkan bisa meningkatkan skala komersialisasi produk opak gambir warga. 


Opak gambir merupakan jajanan tradisional khas Blitar. Produk ini banyak dibuat oleh warga dan menjadi unggulan dari Kota Blitar.  Selama ini pemasaran opak gambir masih banyak dilakukan secara manual dan belum sepenuhnya memanfaatkan potensi media digital untuk mempromosikan produknya. 


“Oleh karena itulah, para dosen dari Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar kemudian menginisiasi pelatihan dan pendampingan di bidang digital marketing kepada para produsen opak gambir, yang tergabung dalam usaha wisata tematik, Kampung Opak Gambir,” kata Ketua Program Pengabdian kepada Masyarakat, Anna Widayani. 


Menurut Anna, pemasaran berbasis digital sangat penting dalam era teknologi modern. Oleh karena itulah, pihak kampus memilih pelatihan pemasaran digital untuk tema pengabdian kepada masyarakat.


Digital marketing ini penting karena bisa menjadi strategi pemasaran yang efektif saat ini. Perkembangan teknologi semakin pesat, pelaku usaha juga harus mengadopsi teknologi digital agar usahanya berkembang,” ujar Anna. 




Meski digital marketing sudah familier bagi para praktisi dan akademisi, ternyata tidak bagi pelaku UMKM, terutama yang berdomisili di Blitar.


“Mungkin terkesan sederhana bagi kita, tapi ternyata berdampak besar bagi mereka. Banyak yang belum mengenal digital marketing, terlebih menggunakannya secara optimal,” ujar Anna melanjutkan. 

Total ada sekitar 30 produsen opak gambir yang mengikuti pelatihan dan pendampingan pengoptimalan digital marketing. Para produsen ini diberi pelatihan, mulai dari pesan visual seperti bagaimana meningkatkan citra merek dan penjualan melalui elemen-elemen visual seperti desain logo, merek, kemasan, foto produk, dan sebagainya. 


“Kami juga memberikan pelatihan tentang copywriting dan teknik SEO (​​search engine optimization, red) untuk membantu situs web atau konten digital pelaku usaha di Kampung Opak Gambir agar muncul lebih tinggi dalam hasil pencarian mesin pencari seperti Google,” Anna melanjutkan.




Para produsen opak gambir juga diajarkan bagaimana mengoptimalkan promosi melalui platform seperti Google My Business, Facebook, Instagram, dan media sosial lainnya. Program pelatihan ini melibatkan dosen-dosen dari AKN Putra Sang Fajar Blitar, yaitu Rani Arifah Normawati, Heri Priya Waspada, dan Anna Widayani. Ketiga dosen ini berasal dari Program Studi Operasionalisasi Perkantoran Digital dan Penyuntingan Audio Video. 


“Kami berharap program ini bisa meningkatkan komersialisasi produk dari Kampung Opak Gambir menjadi lebih mudah dikenal dan diakses oleh banyak orang,” kata Anna. (AKN Putra Sang Fajar Blitar/Nan/Cecep)