“Tatah Sungging” Teknik Pembuatan Wayang Kulit Menurut AKN Seni dan Budaya Yogyakarta

“Tatah Sungging” Teknik Pembuatan Wayang Kulit Menurut AKN Seni dan Budaya Yogyakarta

Bantul, Ditjen Vokasi – Wayang merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang telah ditetapkan menjadi warisan dunia oleh UNESCO pada tanggal 2 November 2023.


Wayang banyak berkembang di pulau Jawa, Bali, dan Kalimantan. Ada berbagai jenis wayang yang dapat kita temui di Indonesia salah satunya ialah wayang kulit. Sesuai dengan namanya, wayang kulit terbuat dari kulit kerbau ataupun sapi. Untuk membuat wayang kulit, para pengrajin wayang perlu menggunakan teknik tatah sungging. 


Tatah merupakan teknik yang bertujuan untuk membuat lubang yang menjadi pembatas bagian-bagian dari wayang kulit. Sungging merupakan teknik pembuatan gradasi pada proses pewarnaan. Tujuan dari teknik sungging ini ialah untuk menghidupkan karakter wayang serta untuk mempertegas setiap detail-detail bagian wayang.


Dalam menggunakan teknik tatah sungging setiap pengrajin harus melewati beberapa tahapan. Kali ini, Ketua Program Jurusan Kriya Kulit, Akademi Komunitas Negeri (AKN) Seni dan Budaya Yogyakarta, Junende Rahma, akan membagikan informasi terkait tahapan-tahapan dalam teknik tatah sungging untuk menghasilkan karya wayang kulit yang indah. 


  1. Nyorek

Nyorek berarti membuat pola atau menggambar pola dengan menggunakan tatah berujung lancip. Teknik yang digunakan adalah 

dengan membuka pola wayang pada kertas atau kertas kalkir atau bisa menggunakan meja tracing.


  1. Ambedhahi

Ambedhahi merupakan tindakan memisahkan bentuk wayang yang sudah dicorek dari kulit utuh. Dalam tahapan ini terdapat juga proses ambedhahi rai yang bertujuan untuk membentuk muka wayang kulit. Pada proses ini dibutuhkan konsentrasi yang baik karena proses ini berkaitan dengan pembuatan detail-detail karakter muka wayang.


  1. Memahat Busana dan Ndeling

Pada tahapan ini, para pengrajin membuat busana wayang yang disesuaikan dengan penokohannya. Cara pembuatannya ialah dengan memahat kulit terlebih dahulu. Setelah proses ini selesai baru kemudian beralih ke tahapan ndeling. Ndeling merupakan tahapan untuk menghilangkan sudut permukaan kulit agar terlihat bersih dan halus.


Ketiga tahapan tersebut tentunya perlu dilakukan dengan teliti. Buat kalian yang penasaran dengan teknik pembuatan wayang kulit kalian bisa datang ke acara Vokasifest X Festival Kampus Merdeka 2023 di Taman Ismail Marzuki, jakarta Pusat pada tanggal 11—12 Desember 2023. Di sini kalian akan disuguhkan dengan berbagai workshop, pameran, talkshow, produk-produk karya insan vokasi, dan seni pertunjukan. Jangan lupa ajak keluarga, kolega, dan seluruh teman-teman kalian, ya. (Aya/Cecep)