Tampilkan Inovasi Hasil Belajar Mahasiswa, Poltera Gelar Pameran Tugas Akhir

Tampilkan Inovasi Hasil Belajar Mahasiswa, Poltera Gelar Pameran Tugas Akhir

Madura, Ditjen Vokasi - Perguruan tinggi vokasi tidak hanya diandalkan dalam penyiapan sumber daya manusia (SDM) saja, tetapi juga dalam mendorong lahirnya inovasi. Salah satunya adalah seperti yang ditunjukkan oleh Politeknik Negeri Madura (Poltera) melalui pameran Pameran Teknologi Hasil Tugas Akhir Mahasiswa 2023. 


Pameran yang diselenggarakan di Kampus Poltera pada Kamis (20-07- 2023) tersebut menyajikan beragam produk inovasi dari para mahasiswa Jurusan Teknik Listrik Industri, Poltera. Produk-produk tersebut sekaligus merupakan inovasi yang dikembangkan oleh para mahasiswa untuk tugas akhir mereka.


Kepala Program Studi (Kaprodi) D-3 Teknik Listrik Industri, Bayu Praharsena, dalam sambutannya mengatakan bahwa pameran tersebut tidak hanya menjadi menjadi ajang untuk menunjukkan capaian pembelajaran dari para mahasiswa saja. Akan tetapi, sederet inovasi yang ditampilkan dalam pameran tersebut sekaligus menjadi ajang bagi mahasiswa untuk menunjukkan kreativitas mereka melalui berbagai inovasi teknologi yang mereka kembangkan. 


“Dari kegiatan pameran teknologi ini diharapkan bisa semakin meningkatkan antusias dan semangat para mahasiswa untuk meningkatkan passion mereka dalam berinovasi,” kata Bayu.


Pameran tersebut, lanjut Bayu, juga menjadi media promosi bagi para mahasiswa untuk menunjukkan bahwa mereka mampu menciptakan produk yang bagus. Masih menurut Bayu, berbagai produk-produk unggulan yang ditampilkan ini dapat mengundang minat industri untuk pemgembangan atau bahkan hilirisasi produk. 


“Kami ingin menunjukkan bahwa Poltera memang unggul dan bisa menciptakan inovasi yang baik untuk bangsa,” ujar Bayu.


Berbagai produk inovasi yang dipamerkan di antaranya adalah produk inovasi integrasi penghangat ayam, smart home system, mobil listrik, dan sejumlah produk inovasi lainnya. 


Salah satu peserta pameran, Syafiuddin, berkesempatan untuk menampilkan rancang bangun electronic differential mobil listrik Poltera. Ide pengembangan alat tersebut, menurut Syafiuddin, terinspirasi dari kasus slip saat  balapan menggunakan mobil listrik menggunakan 2 motor. 


“Dari situlah kemudian berinisiatif untuk membuat alat ini. Harapannya dari alat tersebut ketika mobil listrik ini berbalapan menjadi mudah untuk dikendalikan,” kata Syafiudin. 


Secara keseluruhan, pameran ini diikuti oleh sekitar 40 mahasiswa tingkat akhir Jurusan Teknik Listrik Industri dan beberapa mahasiswa yang belum bisa mengikuti pameran teknologi hasil tugas akhir. Pameran ini menyajikan sejumlah inovasi seperti Prototype Kapal Penebar Pakan Ikan Bandeng, Sistem Automatic Transfer Switch PLTS-PLN Pada Motor Kincir Air Tambak Udang, Inkubator Bayi, CNC laser Grafir, dan Pembersih Alat Surya. (Poltera/Nan/Cecep)