Suntikan Semangat Pelajar untuk Sukses

Suntikan Semangat Pelajar untuk Sukses

Jakarta, Ditjen Diksi - Meniti karir tentunya tidaklah mudah, butuh perjuangan bahkan pengorbanan yang harus dilakukan. Karenanya, melalui “Youth Summit”, Ruangguru menghadirkan sebuah konferensi bagi pelajar maupun mahasiswa untuk memaknai kesuksesan seseorang dari perjuangannya (30/1).

 

Wikan Sakarinto, seorang Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi yang pernah menjadi Dekan Sekolah Vokasi UGM serta menempuh pendidikan di berbagai negara turut berbagi kiat-kiat suksesnya.

 

Karenanya, Wikan berbagi cerita guna memberikan suntikan semangat kepada pelajar untuk dapat sukses dalam karirnya. Wikan membeberkan makna kehidupan dan pembelajaran yang diperolehnya dari menempuh pendidikan di luar negeri.

 

“Yang lebih membuat saya mendapatkan makna yg lebih jelas adalah saya belajar karakter orang Jepang dan Eropa adalah karakter untuk komitmen bekerja, integritas, dan kejujuran. Lebih dari itu, saya memaknai kalau pulang dari luar negeri bahwa gelar atau ijazah itu biasa, tapi mampu memaknai pembelajaran itu luar biasa,” tutur Wikan.

 

Wikan menambahkan, hidup sebagai manusia adalah menjadi pembelajar sepanjang masa. “Motivasinya adalah belajar. Hidup sebagai manusia adalah menjadi pembelajar sepanjang masa. Jadi, kalau orang sudah merasa I’m enough untuk belajar itu berarti sudah siap mati,” ujarnya.

 

Adapun makna sukses menurut Wikan adalah seberapa banyak orang lain yang telah kita buat bahagia atau kita bantu. “Saya kecanduan untuk melihat orang lain senang. Kalau ditanya konkret sukses sebagai apa, saya sekarang lagi mereformasi SMK, kampus vokasi, dan lembaga kursus dan pelatihan. Saya ingin melihat satuan pendidikan vokasi ini sukses ‘link and match’ dengan industri,” ungkapnya.

Wikan berharap juga agar satuan pendidikan vokasi dapat memiliki industri di dalamnya, sehingga perlu adanya implementasi teaching factory. (Diksi/Tan/AP/NA)