SMK Restumuning Berbagi Resep Membuat Sate Lilit yang Enak

SMK Restumuning Berbagi Resep Membuat Sate Lilit yang Enak

Tabanan, Ditjen Vokasi – Apa yang ada di pikiran kalian saat mendengar nama Pulau Dewata Bali? Apakah langsung membayangkan keindahan alam beserta unsur tradisinya yang masih sangat kental atau langsung teringat dengan kuliner khasnya.


Bali merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang banyak dikagumi, baik dari masyarakat Indonesia ataupun masyarakat mancanegara. Keindahan alam, keberagaman adat-istiadat, dan kayanya kuliner tradisional menjadikan Bali memiliki tempat di hati kita semua.


Berbicara tentang kuliner Bali, mungkin kalian akan langsung teringat dengan sate lilitnya. Sate yang terbuat dari daging yang dihaluskan dan dicampur dengan rempah-rempah ini memang memiliki cita rasa yang unik dan khas. Makanan ini patut dicoba saat kalian berkunjung ke Pulau Bali.


Buat kalian yang ingin mencoba sate lilit, tetapi belum memiliki kesempatan untuk mengunjungi Pulau Bali tidak usah khawatir karena Arya Ngurah Putu Bagus Adi, siswa Jurusan Tata Boga, SMK Restumuning, Tabanan akan berbagi resep membuat sate lilit yang simpel dan tentunya enak. 


Langkah pertama dalam memasak adalah pastikan bahan-bahannya telah tersedia. Jangan sampai kita sudah siap untuk masak, tetapi bumbu-bumbunya belum ada. Untuk membuat sate lilit terdapat beberapa bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan. 


Bahan yang kita perlukan adalah 500 gram ayam filet, 4 sendok makan kelapa parut yang sudah disangrai, 15 batang serai, dan minyak goreng. Kemudian untuk bumbu halusnya kita perlu menyiapkan bawang merah, bawang putih, cabai keriting, kunyit bakar, kemiri sangrai, ketumbar sangrai, terasi bakar, garam, dan gula jawa.


“Bumbu-bumbu tersebut kemudian dihaluskan menjadi satu agar rasa dari masing-masing bumbu tersebut menyatu. Bumbu yang sudah dihaluskan kemudian ditumis dengan minyak sampai mengeluarkan bau wangi, kalau sudah baru diangkat dan biarkan dingin,” ucap Ngurah.


Langkah kedua ialah menyiapkan adonan sate dengan menghaluskan ayam filet menggunakan food processor. Apabila sudah halus, campurkan kelapa yang sudah disangrai dan bumbu halus ke dalam food processor.


Setelah adonan sate dibuat, siapkan serai untuk kemudian kita melilitkan adonan sate pada batang serai. Lakukan berulang kali hingga adonan habis. 


Langkah terakhir ialah proses pemanggangan sate lilit. Kalian bisa menggunakan pemanggang anti lengket atau jenis pemanggangan lainnya. Panggang hingga sate lilit benar-benar matang.


“Ciri-ciri sate yang sudah matang itu warnanya cenderung emas kecokelatan. Supaya tambah nikmat, sate lilit ini bisa dihidangkan bersama sambal matah khas Bali. Gurihnya rasa sate lilit sangat pas dipadukan dengan pedasnya sambal matah,” ucap Ngurah.


Itu dia resep sederhana membuat sate lilit khas Bali. Kalian bisa mencobanya di rumah. Jangan lupa bagikan resep ini ke teman kalian ya. Selamat mencoba. (Aya/Cecep)