Skema Pemadanan Kuatkan Sinergi Industri-SMK PK

Jakarta, Ditjen Diksi - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi mengumumkan adanya keterbaruan pada penyelenggaraan SMK Pusat Keunggulan (PK) tahun 2022 (2/2).

 

Keterbaruan yang dimaksud, yakni adanya skema pemadanan dukungan. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengatakan, Kemendikbudristek akan memadankan investasi industri pada SMK, yang terbagi atas dana tunai dan atau dana in kind. Pada skema pemadanan ini, Kemendikbudristek menggelontorkan dana senilai kurang lebih Rp750 miliar.

 

“Jadi, dalam skema ini Kemendikbudristek akan memadankan investasi oleh industri untuk penguatan pembelajaran serta sarana dan prasarana SMK yang perbandingannya akan disesuaikan dengan kebutuhan rencana bisnis,” jelas Menteri Nadiem.

 

Nadiem menambahkan, dalam skema tersebut industri dapat memilih sekolah mana yang akan menjadi target kolaborasi dalam menyepakati rencana bisnis yang akan disetujui oleh Kemendikbudristek.

 

Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto kembali menekankan pentingnya kolaborasi dalam mengembangkan ekosistem pendidikan vokasi.

 

“Kami sudah menyiapkan skema pemadanan yang harapannya industri bisa masuk dengan kolaborasi dan saling menguatkan. Semoga kita bisa bergotong-royong untuk mengembangkan pendidikan vokasi Indonesia yang akan menciptakan lulusan yang link and match dengan industri dan mampu mengembangkan dirinya sepanjang hayat,” ungkap Wikan.

 

Adapun sejumlah industri yang telah melakukan praktik baik kemitraan dengan sekolah pengampu program, di antaranya adalah kelas industri PT Trakindo Utama di SMKN 1 Singosari, kerja sama dan dukungan PT Astra International Tbk untuk SMKN 1 Leuwiliang pada kompetensi keahlian agribisnis pengolahan hasil pertanian, serta kerja sama Dtech Engineering dengan SMKN 2 Salatiga dalam proyek inovasi, pelatihan, dan pendampingan dalam product development beserta komersialisasinya.

 

Lebih lanjut, informasi mengenai pendaftaran Program SMK PK Tahun 2022 dapat diakses pada laman https://smk.kemdikbud.go.id/smkpk. (Diksi/Tan/AP/NA)