Siap Hadapi World Skills, Ini 5 Rahasia Sukses Menurut Peraih Medali Emas WSC 2024

Siap Hadapi World Skills, Ini 5 Rahasia Sukses Menurut Peraih Medali Emas WSC 2024

Jakarta, Ditjen Vokasi – Menghadapi World Skills Competition bukanlah tugas yang mudah. Diperlukan persiapan yang matang dan strategi yang tepat untuk meningkatkan peluang meraih kejuaraan.


Kompetisi keahlian tingkat dunia ini menguji keterampilan teknis hingga kemampuan manajemen waktu, sehingga peserta perlu mempersiapkan diri dengan maksimal. Berikut adalah Favian Ahza Putra Sobar, alumnus SMKN 1 Cimahi, Jawa Barat, yang sekaligus peraih medali emas bidang IT Network System Administration dalam ajang WorldSkills Competition (WSC) 2024 akan berbagai lima tip penting untuk membantu para peserta tampil optimal dalam kompetisi bergengsi ini.


  1. Kuasai Standar Kompetisi

Sebelum memasuki waktu kompetisi, pastikan kamu memahami standar teknis yang diterapkan di WSC sesuai dengan bidang keahlian kamu. Ketahui standar internasional terkait kualitas dan detail pekerjaan yang akan dinilai. Pelajari rubrik penilaian dan fokus pada setiap aspek yang menjadi poin penting dalam kompetisi. 


  1. Latihan dengan Simulasi Waktu

Dalam setiap kompetisi, para peserta dituntut untuk disiplin waktu. Oleh karena itu, berlatih dengan batasan waktu sesuai ketentuan lomba akan membantu kamu dalam mengelola waktu dengan efektif. Buatlah simulasi latihan seolah-olah kamu berada dalam kompetisi agar terbiasa dengan tekanan dan mampu menyelesaikan tugas tepat waktu.


  1. Asah Keterampilan Teknis dan Inovasi

Selain keterampilan dasar, inovasi dan ketelitian sangat dibutuhkan dalam ajang WSC. Teruslah berlatih untuk menyempurnakan teknik-teknik yang telah kamu kuasai. Selain itu, cobalah untuk mencari pendekatan yang solutif dan kreatif dalam menyelesaikan setiap permasalahan. 


  1. Manajemen Stres dan Konsentrasi

Situasi kompetisi adalah situasi krisis yang bisa membuat siapapun tegang dan gugup. Dalam situasi ini, cobalah untuk Kelola stres dengan baik agar tetap fokus selama lomba berlangsung. Teknik pernapasan dalam atau meditasi sebelum kompetisi dapat membantu dalam menjaga ketenangan pikiran. Hindari terlalu banyak tekanan dan usahakan untuk selalu tenang dan senang selama proses berlangsung.


  1. Belajar dari Ahli dan Kompetitor Terdahulu

Tip selanjutnya sebelum kamu berkompetisi ialah dengan belajar dari pengalaman kompetitor sebelumnya. Kamu dapat menganalisis teknik dan kesalahan yang dilakukan oleh peserta lain serta mengambil pelajaran dari kesalahan tersebut.


Itu dia lima tip meraih kesuksesan dalam ajang WSC. Dengan fokus, latihan yang disiplin, dan persiapan mental yang matang, kamu akan lebih siap untuk menghadapi tantangan di World Skills Competition. Selain itu, meminta doa restu dari orang tua dan kerabat terdekat juga diperlukan untuk menyempurnakan semua usaha yang telah dilakukan. (Aya/Cecep)