Segera Daftar, Delapan Politeknik ini Jadi Penyelenggara Wirausaha Merdeka

Segera Daftar, Delapan Politeknik ini Jadi Penyelenggara Wirausaha Merdeka

Jakarta, Ditjen Vokasi -  Sebanyak 8 (delapan) perguruan tinggi penyelenggara pendidikan vokasi (PTPPV)  terpilih sebagai perguruan tinggi pelaksana program Wirausaha Merdeka (WMK) angkatan kedua tahun 2023. Salah satu program dalam Merdeka Belajar ini diharapkan dapat melahirkan ribuan wirausahawan muda yang akan menjadi penggerak pertumbuhan dan kemajuan ekonomi Indonesia. 


Delapan PTPPV yang terpilih sebagai pelaksana Wirausaha Merdeka tersebut adalah Politeknik Negeri Batam, Politeknik Kutaraja, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Politeknik Negeri Jember, Politeknik Negeri Kupang, Politeknik Negeri Semarang, Politeknik Negeri Manado, dan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.  


“Kami berharap perguruan tinggi pelaksana yang sudah terpilih bisa menghadirkan pembelajaran kewirausahaan terbaik dan membantu mahasiswa sebagai talenta-talenta terbaik bangsa agar bisa mengoptimalkan potensi kewirausahaan yang dimiliki,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati, dalam sambutanya saat peluncuran Program Wirausaha Merdeka angkatan yang kedua tahun 2023, Senin (19-06-2023). 


Dirjen Kiki juga mendorong kepada para mahasiswa vokasi untuk dapat memanfaatkan program wirausaha merdeka sebagai sarana untuk mengembangkan potensi diri, khususnya pada aspek kewirausahaan. Menurut Dirjen Kiki, melalui program WMK para mahasiswa akan melakukan berbagai kegiatan praktik kewirausahaan dengan didampingi oleh praktisi dan ahli wirausaha profesional yang berperan sebagai mentor. 


“Pembelajaran dengan praktik langsung ini tentunya sejalan dengan karakteristik pendidikan vokasi yang sangat berbasis terapan,” tutur Dirjen Kiki. 


Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, Beny Bandanadjaja, mengatakan bahwa integrasi mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi vokasi ke dalam berbagai program Kampus Merdeka merupakan salah satu solusi yang ditawarkan oleh Kemendikbudristek untuk terus memperkuat kompetensi lulusan mahasiswa vokasi.  


“Dengan adanya banyak wadah dan kesempatan mencari pengalaman yang diberikan melalui implementasi berbagai program MBKM, para lulusan pendidikan tinggi vokasi diharapkan mampu dan siap memberikan dampak positif di tengah masyarakat,” terang Beny. 


Program Wirausaha Merdeka merupakan program yang sudah diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sejak 2022. Program Wirausaha Merdeka dapat menjadi program pembelajaran dan pengembangan diri bagi para calon wirausahawan. Salah satu kegiatan dari program ini yakni mahasiswa mendapat pembelajaran dan aktivitas di luar kelas untuk terjun langsung mengenal dunia usaha. 


Pada pelaksanaan angkatan kedua tahun 2023 ini, program WMK menargetkan 12.000 mahasiswa untuk bergabung dan belajar di 34 perguruan tinggi pelaksana yang tersebar di seluruh Indonesia. Angka ini meningkat dibanding angkatan pertama dengan tujuan untuk memperluas dampak pelaksanaan program ini secara lebih merata.  


Pendaftaran program WMK sudah dibuka  untuk mahasiswa melakukan registrasi akun di laman resmi pendaftaran program. Informasi lebih lanjut mengenai pelaksanaan Program WMK Angkatan 2 tahun 2023 dapat diakses melalui wirausahamerdeka.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id. (Tim MBKM/Nan/Cecep)