Promosikan Kabupaten Kuningan, Siswa SMK Pertiwi Kuningan Ciptakan Aplikasi Sagaku

Promosikan Kabupaten Kuningan, Siswa SMK Pertiwi Kuningan Ciptakan Aplikasi Sagaku

Kuningan, Ditjen Vokasi – Guna membantu dalam mempromosikan potensi yang ada di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, siswa SMK Pertiwi Kuningan membuat aplikasi Sagaku.


Sagaku merupakan singkatan dari Sagala Kuningan. Aplikasi yang berbasis android ini dibuat oleh siswa Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Aplikasi Sagaku berfungsi untuk mengakomodasi semua informasi tentang pariwisata dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Kuningan. Tujuannya adalah agar orang luar Kabupaten Kuningan dapat mengetahui potensi yang ada.


Guru Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, SMK Pertiwi Kuningan, Nurhidayat, menyampaikan bahwa ide pembuatan aplikasi ini berasal dari peserta didiknya.


“Ada beberapa aplikasi yang telah dibuat oleh siswa, salah satunya aplikasi Sagaku ini. Awalnya ya mereka punya ide bagaimana menciptakan aplikasi, di mana aplikasi tersebut dapat membuat seluruh informasi tentang Kuningan. Kemudian, dari pihak sekolah mendukung ide tersebut,” ucap Nurhidayat.

 

Pada pembuatan aplikasi ini, SMK Pertiwi Kuningan bekerja sama dengan Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Kuningan. Salah satu bentuk kerja samanya adalah pemberian izin untuk pengambilan data di sektor pariwisata dan UMKM yang ada di Kabupaten Kuningan. 


Lama pembuatan aplikasi ini dimulai dari riset hingga publikasi memakan waktu sekitar 8 bulan. Sumber daya manusia yang terlibat dalam pembuatan aplikasi ini ialah Dadan Moch. Ramdani, Dias Persada, dan Ilham Hafidz M. Al Hiqni Bil Abror.


Manfaat yang dirasakan setelah aplikasi ini dibuat ialah membantu meningkatkan jumlah wisatawan di Kabupaten Kuningan dan meningkatkan jumlah penjualan produk UMKM yang dihasilkan oleh masyarakat Kabupaten Kuningan.

Sementara itu, saat dihubungi secara terpisah Bupati Kuningan, Acep Purnama, menyampaikan apresiasinya atas aplikasi Sagaku karya SMK Pertiwi Kuningan yang sudah membantu mempromosikan Kabupaten Kuningan kepada khalayak.


“Melalui aplikasi ini semua orang bisa lihat apa saja yang ada di Kuningan. Saya yakin melalui aplikasi Kuningan bisa semakin dikenal. Saya berharap dengan aplikasi Sagaku dapat memperkenalkan Kabupaten Kuningan ke seluruh Indonesia bahkan dunia,” ujar Acep. (Aya/Cecep Somantri)