PJB-PNUP Siapkan SDM Unggul Vokasi

PJB-PNUP Siapkan SDM Unggul Vokasi

Makassar, Ditjen Diksi - Menguatkan sinergi dalam melahirkan sumber daya manusia (SDM) unggul, pendidikan vokasi melalui Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) menggandeng PT Pembangkit Jawa Bali (PJB) guna menjalin kerja sama mengembangkan ekosistem pendidikan vokasi (27/1).

 

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto menyampaikan link and match dalam pendidikan vokasi antara satuan pendidikan vokasi dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) penting untuk diimplementasikan.

 

“Pendidikan vokasi itu ya harus link and match dengan dunia industri, sehingga keterserapan lulusan vokasi pun dapat meningkat, kurikulum dapat diselaraskan dengan kebutuhan industri. Dari situ maka lahirlah SDM unggul yang kompeten dan mampu berdaya saing global,” ujar Wikan.

 

Kerja sama yang dijalin antara PNUP dan PT PJB tersebut sangat relevan dengan adanya perkembangan energi terbarukan serta nawacita pemerintah yang menyatakan pendidikan vokasi merupakan ujung tombak industri di Indonesia.

 

Direktur SDM dan Administrasi PT PJB, Karyawan Aji menegaskan kerja sama yang dijalin keduanya merupakan langkah tepat yang memecahkan solusi mengenai pengembangan SDM melalui inovasi PJB. "Salah satu indikator pencapaian PT PJB yang terbaik di BUMN saat ini karena pencapaian AVATOR sebagai karya Indonesia paling prospektif,” jelasnya.

 

AVATOR atau singkatan dari Automatic Vibration Monitor Calibrator adalah penguji getaran ber-budget rendah di pembangkit listrik. Alat ini berfungsi untuk menguji alat monitoring getaran yang merupakan jantung peralatan pada proteksi mesin pembangkit, baik PLTG, PLTU, PLTGU, maupun PLTA.

 

Lebih lanjut, Aji menyatakan target PJB 2025 dalam pengembangan energi terbarukan sekitar 25%. Karenanya, PT PJB menggandeng PNUP untuk kawasan Sulawesi guna memenuhi kebutuhan tenaga yang kompeten.

 

Direktur PNUP, Muhammad Anshar mengatakan, kedatangan PT PJB dalam rangka kerja sama energi terbarukan sangat cocok dengan pencapaian pihaknya dalam mendukung program studi magister terapan energi terbarukan. "Kami mengapresiasi PT PJB memilih dan bekerja sama dengan PNUP sebagai bagian dalam melakukan inovasi tentang energi terbarukan,” tuturnya. (Diksi/Tan/AP/NA)