Nih, Rahasia Lulusan IHS Bisa Bersaing Secara Global!

Nih, Rahasia Lulusan IHS Bisa Bersaing Secara Global!

Karanganyar, Ditjen Diksi - Berlokasi di Kecamatan Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah, International Hotel Management School (IHS) telah membuktikan eksistensinya sebagai lembaga pendidikan vokasi yang sukses mengantarkan para lulusannya  berkarir di industri perhotelan, baik di dalam maupun luar negeri.

 

Manager Pusat Karier IHS, Laksana Ganda Gunawana mengatakan,  sebagai salah satu lembaga pendidikan berkelas internasional, IHS memang dikenal sebagai pencetak sumber daya manusia (SDM) andal, terutama di bidang manajemen bisnis, perhotelan, kapal pesiar, dan kuliner. Bahkan, menurut Laksana, selain bekerja di jaringan hotel-hotel berbintang, lulusan IHS juga yang banyak terserap di industri yang ada di luar ruang lingkup hotel, seperti di perbankan, industri garmen, maupun industri penerbangan.

 

"Siswa lulusan kami itu unik-unik, ada yang kerja di bank, jadi front office, sampai ada juga yang jadi pramugari juga," kata Laksana.

 

Menurut Laksana, keberhasilan IHS tidak lepas dari program-program untuk para mahasiswanya, instruktur pengajar, hingga fasilitas praktik mahasiswa yang sudah berstandar industri. Tawaran program yang diberikan IHS juga sangat lengkap, programnya bisa dipilih sesuai kebutuhan para siswa. Mulai dari program satu tahun hingga tiga tahun, bahkan ada juga program-program kursus singkat, serta kursus online.

 

Soal kurikulum dan materi, merupakan racikan bersama dengan industri, misalnya dengan Accor Hotel. IHS juga bekerja sama dengan sejumlah lembaga di luar negeri, misalnya dengan Algonquin Collage di Ottawa dan Hotel and Tourism Management Institute (HTMI) Switzerland.

 

Soal fasilitas praktik siswa? IHS memiliki dapur praktik yang sudah berstandar industri. Tidak hanya perangkat seperti kompor yang sesuai dengan standar hotel bintang lima, tata layout dapur praktik juga dibuat semirip mungkin, misalnya area untuk persiapan, area mencuci, dan area untuk bahan-bahan.

 

Dapur praktik IHS juga dilengkapi dengan ruang butchering (ruang khusus untuk memotong daging), ruang penyimpanan bahan-bahan kering, hingga ruang khusus untuk menyimpan bahan-bahan basah, seperti sayur dan buah. Semua ruangan ini dilengkapi dengan standar operasional prosedur (SOP). IHS juga memiliki laboratorium untuk pastry and bakery yang standar industri.

 

Selain itu, dukungan fasilitas yang memadai, instruktur profesional, serta departemen pengembangan karier yang bekerja terus menerus untuk menjalin relasi dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun luar negeri, membuat langkah lulusan IHS untuk mengembangkan karier di kancah global menjadi lebih mudah. (Diksi/Nan/AP/NA)