Menilik Perbedaan Kursus Komputer Zaman Dulu dan Zaman Now di LKP Gen Computer

Menilik Perbedaan Kursus Komputer Zaman Dulu dan Zaman Now di LKP Gen Computer

Sampit, Ditjen Vokasi - Berbicara tentang kursus komputer, saat ini artiannya sudah sangat luas. Dalam satu dekade ke belakang, kursus komputer biasanya mengutamakan keterampilan Microsoft Office dan penggunaan perangkatnya. Namun, kursus komputer masa kini bidang keterampilannya sudah bermacam-macam dan menjadi lebih spesifik. 


Untuk itulah, Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Gen Computer, Sampit, Kalimantan Tengah tidak hanya berfokus pada program komputer reguler. Akan tetapi, LKP yang berdiri sejak 1999 itu pun membuka program kelas desain grafis, administrasi perkantoran, teknisi komputer dan jaringan, serta operator terpadu. Di tahun 2022, LKP yang berusia 24 tahun itu pun membuka program kelas terbaru yaitu digital marketing.


“Sangat penting untuk memiliki keahlian digital di zaman sekarang karena digitalisasi telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari, ” tegas Aisyah selaku Pendiri sekaligus Direktur LKP Gen Computer. 


Menurut Aisyah, keterampilan dan ilmu di bidang komputer adalah investasi terbaik yang harus dimiliki oleh masyarakat, khususnya di daerah Sampit. Hal tersebut dikarenakan dengan mobilitas teknologi yang tinggi, kebutuhan sumber daya terkait komputer juga meningkat. 


Selain itu, kursus komputer di zaman sekarang berfokus untuk pengembangan karier dan persiapan untuk pekerjaan di bidang teknologi informasi. Sebagai bentuk mencapai tujuan tersebut, LKP Gen Computer pun bekerja sama dengan berbagai industri, khususnya pada program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) di bidang keterampilan desain grafis. 


Beberapa industri yang sudah bekerja sama sejak 2021 itu adalah  Uhuii Printing, Cahaya Digital, KK Printing, Erik Design, CV Lima Cahaya, dan masih banyak lagi. Industri tersebut tidak hanya menjadi instruktur tamu, tetapi juga menerima peserta PKK untuk mendapatkan kesempatan bekerja.


Salah satu alumni PKK 2022 adalah Mesy Selvia Avanti yang mengikuti bidang keterampilan desain grafis. Mesy yang awalnya tidak mengetahui tentang desain dan hanya tamatan SMA, berkat program gratis tersebut, ia bisa bekerja di perusahaan sawit yaitu PT Hamparan sebagai Desain Grafis.


Mesy bercerita, “Belajar di LKP Gen Computer berkat program PKK, saya jadi tidak gagap teknologi. Saya jadi tahu bagaimana membuat desain.”


Perbedaan kursus komputer zaman dulu dan sekarang lainnya adalah dari metode pengajaran. Metode pengajaran kursus komputer zaman dulu lebih cenderung menggunakan buku atau modul cetak, serta metode ceramah atau demonstrasi dari instruktur. Namun, sekarang kursus komputer cenderung menggunakan teknologi digital dan online, seperti video tutorial, platform e-learning, dan pengajaran interaktif.


Di LKP Gen Computer sendiri, penggunaan platform e-learning sudah diberikan sejak tahun 2021. Hal itu dapat memudahkan peserta didik dalam mempelajari materi di mana pun dan kapan pun. Apalagi pada masa pandemi Covid-19, yang mana pembelajaran tatap muka dihindari. 


Sejak awal berdiri, LKP Gen Computer hanya menyelenggarakan kursus singkat selama 6 bulan. Namun, kini sudah berkembang dan menyelenggarakan program satu tahun (D-1) untuk berbagai jurusan sejak tahun 2016. Saat ini, LKP tersebut pun sedang melakukan proses menuju Akademi Komunitas PTV. (Zia/Cecep Somantri)