Mengenal Lebih Dekat Sarjana Terapan

Mengenal Lebih Dekat Sarjana Terapan


Jakarta, Ditjen Vokasi - Pendidikan di Indonesia menawarkan berbagai jenjang dan jenis gelar. Salah satunya adalah gelar Sarjana Terapan yang diberikan kepada mereka setelah menyelesaikan jenjang pendidikan D-4. Lalu seperti apa sebenarnya gelar Sarjana Terapan ini? 

 

Lulusan Vokasi

Gelar Sarjana Terapan identik pada gelar yang diperoleh pada jalur pendidikan vokasi, khususnya pada pendidikan kejuruan di tingkat perguruan tinggi vokasi, baik di politeknik maupun perguruan tinggi penyelenggara program pendidikan vokasi.


Menyelesaikan D-4

Gelar ini diberikan setelah seseorang menyelesaikan jenjang diploma empat (D-4) untuk program studi yang berfokus pada penerapan praktis dalam bidang tertentu. Gelar ini biasanya ditawarkan di politeknik dan atau perguruan tinggi penyelenggara program pendidikan vokasi yang berfokus pada pengetahuan teknis yang kuat serta pengalaman praktis dalam bidang spesifik.


Kesetaraan

Sarjana Terapan sama dengan D-4 serta setara dengan setara dengan S-1.  Dengan demikian, perusahaan atau badan lainnya tidak perlu lagi membedakan antara S-1 dan D-4 dan Sarjana versus Sarjana Terapan


Gelar Spesifik


Jika S-1 memperoleh gelar sarjana ilmu sesuai program studi yang diambil, misalnya Sarjana Pendidikan (S.Pd.), Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom.), atau Sarjana Ekonomi (S.E.). Sementara itu, untuk gelar sarjana terapan (D-4) kata terapannya diletakkan di tengah dan lebih spesifik, misalnya S.Tr.Anim. yang berarti Sarjana Terapan Animasi, S.Tr.T. yang berarti Sarjana Terapan Teknik, atau S.Tr.E-Log. yang berarti Sarjana Terapan E-Commerce Logistik.

 

Lebih Besar Praktik 


Program gelar sarjana terapan (D-4) memiliki bobot praktik 60% dan teori 40%. Maka dari itu, gelar ini lebih menekankan keterampilan praktis dan aplikatif di lapangan. Porsi yang lebih besar pada praktik inilah yang menjadi pembeda antara gelar sarjana terapan (D-4) dan gelar sarjana (S-1).


Bisa S-2


Seperti halnya lulusan S-1 yang dapat melanjutkan ke jenjang magister, mereka yang memiliki gelar sarjana terapan juga dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya, seperti magister terapan.




Nah, meskipun ada perbedaan, penting untuk diingat bahwa baik sarjana atau sarjana terapan memiliki nilai dan relevansi yang signifikan di pasar kerja. Gelar sarjana terapan (D-4) umumnya mempersiapkan lulusannya dengan keterampilan langsung yang dibutuhkan oleh industri, sementara gelar sarjana (S-1) cenderung menawarkan perspektif yang lebih luas dalam suatu bidang studi. Dengan demikian, perusahaan atau badan lainnya sudah sewajibnya tidak membedakan S-1 dan D-4. (Nan/Cecep)