Liburan di Malang? SMK-SMK Ini Miliki Edotel untuk Menginap

Liburan di Malang? SMK-SMK Ini Miliki Edotel untuk Menginap

Jakarta, Ditjen Vokasi - Dikenal sebagai kota Apel, Malang menjadi salah satu destinasi wisata favorit masyarakat untuk berlibur, termasuk libur lebaran seperti saat ini. Udara yang sejuk dengan beragam pilihan wisata mulai dari pegunungan, pantai, hingga spot-spot wisata yang hits membuat Malang menjadi pilihan yang cocok untuk berlibur. 


Sebagai salah satu destinasi wisata, Malang juga memiliki beragam pilihan akomodasi wisata, seperti hotel-hotel yang cukup bervariasi. Anda hanya tinggal menyesuaikannya dengan sesuai dengan bujet yang ada. 


Akomodasi untuk menginap ini tidak hanya ditawarkan oleh jaringan hotel-hotel berbintang yang sudah familier selama ini, tetapi juga disediakan oleh sejumlah SMK-SMK yang ada di Malang.


Ya, dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia pariwisata dan menyikapi hambatan yang dihadapi dunia pendidikan kejuruan bidang pariwisata, pemerintah memang menggulirkan program strategis dan terintegrasi di bidang pendidikan pariwisata berupa program Hotel Training yang diwujudkan dalam bentuk pembangunan Edotel atau (Educational Hotel). Sebagai sebuah teaching factory, hotel-hotel milik sekolah ini juga bisa disewa oleh masyarakat. Beberapa malah sudah bekerja sama dengan aplikasi pemesanan hotel online sehingga lebih mudah.


Nah, untuk yang berencana ingin menghabiskan momen libur Lebaran di Malang, Sobat Vokasi bisa menggunakan Edotel ini sebagai pilihan ya. 


Edotel SMKN 2 Malang 

Jalan-jalan ke Kota Malang? Menginap di Edotel SMKN 2 Malang. Hotel yang dikelola sendiri oleh murid-murid SMKN 2 Malang ini sudah teruji akan tingkat kecekatan dan kebersihannya. Semua kamarnya memiliki fasilitas kamar mandi di dalam dan free wifi. Harga juga sangat terjangkau. 


Lokasi hotel ini juga cukup strategis, yakni dekat dengan kampus-kampus ternama di Kota Malang (Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Islam Malang, Kampus 2 Universitas Muhammadiyah malang, dan Institut Teknologi Nasional, dan juga pusat perbelanjaan ternama di Kota Malang serta tempat-tempat kuliner baik pagi hari sampai malam hari. 


Hotel ini memiliki sejumlah fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung, seperti area parkir yang luas, free wifi, dan hall meeting. Edotel ini memiliki 21 kamar dengan fasilitas kamar, TV LED, free wifi, hot and cool water, AC, dan air mineral. Pilihan kamarnya mulai dari Family Suite, Suite Room, Deluxe Room, dan Superior Room. 

  

Edotel SMKN 3 Kota Malang 

Edotel ini dikelola oleh jurusan Akomodasi Perhotelan (AP) SMKN 3 Kota Malang. Okupansi hunian hotel di sekolah ini di kisaran 60 sampai 70 persen. Jumlah kamar hotel yang tersedia mencapai 19 kamar yang  meliputi Superior Room, Deluxe Room, Royal Deluxe Room dan Suite Room. 


Selain dikelola alumni, operasional hotel ini juga melibatkan siswa kelas 10 dan 11 untuk piket shift. Ada yang piket di laundry, housekeeping, dan front office.


Nareswari Edotel and Resto 

Hotel yang satu ini merupakan hotel edukasi yang dikelola oleh SMK Muhammadiyah 3 Singosari atau SMK Mugas. Salah satu SMK Centre Of Excellence (CoE) ini memang memiliki jurusan perhotelan. Jurusan ini jugalah yang mengelola Nareswari Edotel.


Hotel ini sekaligus merupakan fasilitas praktik siswa. Saat ini Nareswari Edotel and Resto hanya melayani tamu VIP sekolah saja. Materi praktikumnya adalah proses check out dan check in tamu, reservasi kamar, menyiapkan kebutuhan tamu VIP bidang front office, bidang housekeeping proses pembersihan kamar, layanan tamu, aplikasi kesehatan dan keselamatan kerja, serta laundry.


Edotel SMKN 4 Malang 

Sebagai salah satu SMK yang berstatus badan layanan umum daerah (BLUD), hotel yang dikelola oleh Jurusan Perhotelan ini sudah berdiri sejak 2018. Bangunan hotel ini terdiri atas tiga lantai dan uniknya dilengkapi dengan lift yang juga merupakan bagian dari kegiatan pembelajaran untuk jurusan teknik di SMK tersebut.


Fasilitas yang ditawarkan untuk para tamu di hotel ini juga lengkap dan telah sesuai dengan standar kamar hotel pada umumnya. Terdapat kasur, televisi, WiFi, AC, dan kamar mandi. Untuk pemesanan hotel ini juga sudah bekerja sama dengan layanan penyedia hotel, sehingga lebih mudah. (Nan/Cecep)