Lebaran Hampir Tiba, Inilah Tip Membuat Opor Ayam Enak ala LKP Citra Mas

Lebaran Hampir Tiba, Inilah Tip Membuat Opor Ayam Enak ala LKP Citra Mas


Jakarta, Ditjen Vokasi - Opor ayam adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang populer, terutama saat perayaan hari besar seperti Idulfitri. Bagi banyak orang, membuat opor ayam yang sempurna bisa menjadi tantangan. Namun, dengan beberapa tip dan trik yang tepat, kamu pun dapat membuat opor ayam yang lezat di rumah.


Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP), Citra Mas, Jakarta, sebagai lembaga kursus kuliner atau tata boga pun membagikan pelatihan untuk membuat masakan nusantara, tak terkecuali opor ayam. Pemimpin LKP Citra Mas, Retno  Multriarti memberikan tip membuat opor ayam enak yang bisa Sobat Vokasi coba untuk menyambut lebaran.


  1. Pilih Ayam Berkualitas Tinggi

Sebagai bahan utama, kamu harus memilih ayam yang berkualitas. Biasanya, opor ayam yang enak adalah menggunakan ayam kampung. Potong ayam menjadi bagian yang sesuai dengan selera.  Selain itu, gunakan santan kelapa yang segar untuk mendapatkan hasil terbaik.


  1. Ayam Digoreng Setengah Matang

Sebelum memasukan ayam dengan bumbu, lebih baik goreng ayam setengah matang terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk mengurangi bau amis yang ada pada ayam. 


  1. Gunakan Bumbu yang Tepat

Kombinasi bumbu yang tepat adalah rahasia opor ayam yang lezat. Untuk mendapatkan rasa yang benar, gunakan rempah-rempah tradisional. Kunyit, ketumbar, kemiri disangrai dulu. Lalu, tambah jahe, lada, bawang merah, dan bawang putih Agar bumbu-bumbu ini dapat meresap dengan baik ke dalam daging ayam dan santan, sangat penting untuk menghaluskannya. Setelah dihaluskan tumis sampai matang. 



  1. Masak Santan dengan Hati-hati

Bahan utama opor ayam adalah santan, yang memberikan tekstur kental dan rasa yang kaya. Pastikan santan dimasak dengan hati-hati agar tidak pecah atau menggumpal. Untuk mencegah santan lengket pada dasar panci dan terbakar, jangan lupa untuk terus mengaduk.


  1. Hindari Memasak Ayam Terlalu Lama

Hindari memasak ayam terlalu lama dalam santan agar daging ayam tetap lembut dan tidak hancur. Setelah opor ayam mendidih, kurangi panasnya dan biarkan ayam matang perlahan. Jika kamu memasaknya terlalu lama, daging ayam akan menjadi kenyal dan tidak enak. Menurut Retno, masaklah ayam kampung selama 20 menit untuk ayam negeri dan 30 menit untuk ayam kampung.


Dengan mengikuti beberapa tip di atas, kamu dapat menyajikan opor ayam spesial di hari raya. Selamat mencoba, Sobat Vokasi! (Zia/Cecep)


Sumber foto: Freepik.com