Kunci Sukses Buat Video Pembelajaran Kursus Daring LKP

Kunci Sukses Buat Video Pembelajaran Kursus Daring LKP

Jakarta, Ditjen Vokasi - Kursus daring yang berkualitas dapat meningkatkan minat dan motivasi peserta didik untuk belajar. Selain itu, materi pembelajaran dalam bentuk video dapat membantu peserta didik memahami materi pelajaran dengan lebih baik karena dapat menampilkan visualisasi yang jelas. Dengan begitu peserta didik dapat terbantu dalam memperjelas konsep materi.


Benefit yang beragam menggunakan video pembelajaran membuat orang-orang cenderung menyukai kursus daring. Ini terbukti dari banyaknya kursus daring yang tersedia karena bisa diakses di mana saja dan kapan saja. Untuk itulah, penyelenggaraan pendidikan vokasi di lembaga kursus dan pelatihan (LKP) juga harus menerapkan perkembangan teknologi digital saat ini. 


Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi mendorong LKP untuk berperan aktif dalam mengembangkan kursus daring. Kursus daring tersebut pun bisa menjadi jalan untuk LKP yang ingin menjangkau lebih banyak peserta didik di luar daerahnya. 


Namun, bagaimana ya tip membuat video daring, terutama bagi LKP yang baru ingin mencoba? Berikut ini adalah tip untuk membuat video daring menurut Denny Herliyanso selaku Fotografer Profesional yang menjadi pemateri dalam Koordinasi Penyelenggaraan Kursus Daring.


  1. Buatlah topik menarik sesuai kebutuhan industri

Hal yang utama dalam membuat kursus daring adalah memilih topik pembelajaran. LKP yang ingin membuat video daring harus jeli melihat tren dan kebutuhan industri. Dengan begitu video yang dibuat memiliki nilai lebih di pasar. 


Contohnya adalah bagi LKP yang memiliki bidang keterampilan tata rias. Salah satu topik yang bisa diangkat menjadi video adalah membuat make up ala Korea. Hal tersebut sangat menarik karena melihat tren industri kecantikan yang condong ke Korean look


  1. Berikanlah pengalaman belajar yang menyenangkan

Peserta didik yang belajar melalui video tentunya menginginkan pembelajaran yang lebih menarik dibanding kursus tatap muka. Kursus daring memiliki kelebihan untuk memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan. 


LKP dapat membuat video pembelajaran yang memiliki kualitas audio dan visual yang bagus. Materi yang dibuat dapat disisipkan infografik, foto, dan lain sebagainya. Instruktur yang mengajarkan pun dapat lebih fun dan friendly


  1. Gunakanlah metode pembelajaran sesuai minat peserta

Metode kursus daring tentunya akan berbeda dengan pembelajaran secara tatap muka. Kursus daring di LKP dapat berfokus pada contoh-contoh materi yang dipelajari sehingga lebih singkat dan padat. 


Pada umumnya, metode pembelajaran kursus daring menggunakan metode ceramah. Artinya instruktur berbicara satu arah. Namun, tetap pastikan materi tersampaikan dengan baik. Instruktur di video pembelajaran juga dapat memberikan kuis di sela-sela materi untuk menguji pemahaman peserta. Dengan begitu, video kursus daring tidak monoton. 


  1. Persiapkanlah skrip video

Untuk membuat skrip yang bagus, penyelenggara kursus daring dapat menentukan tujuan yang akan dicapai sebagai dasar bahan ajar. Contohnya adalah jika video yang dibuat untuk pemula, maka harus dirancang materi dengan menggunakan bahasa yang lebih sederhana.


Poin penting lainnya adalah skrip harus dibuat sedetail mungkin dan tidak hanya garis besarnya saja. Dengan begitu, instruktur yang akan menyampaikan materi di video dapat memahaminya dengan baik. 


  1. Binalah kemitraan dengan editor video

Pihak LKP harus terus menjaga hubungan baik dan mengembangkan kerja sama yang lebih luas. Salah satunya adalah dalam memilih vendor editing atau videografer. 


Dalam pembuatan video daring, ada beberapa LKP yang masih membutuhkan jasa videografer. Untuk itu, pilihlah mitra videografer yang memiliki visi misi yang sama dalam pengembangan pendidikan. (Zia/Cecep Somantri)