Kemendikbudristek Ajak Mahasiswa Vokasi Belajar Wirausaha Melalui Program Wirausaha Merdeka

Kemendikbudristek Ajak Mahasiswa Vokasi Belajar Wirausaha Melalui Program Wirausaha Merdeka

Jakarta, Ditjen Vokasi - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali meluncurkan pelaksanaan Program Wirausaha Merdeka untuk angkatan yang kedua tahun 2023. Program ini secara resmi diluncurkan oleh Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim, secara daring pada Senin (19/05).

Program Wirausaha Merdeka (WMK)  merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diperuntukkan bagi mahasiswa akademik dan vokasi di jenjang perguruan tinggi. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar secara intensif tentang kewirausahaan selama satu semester di perguruan tinggi mitra terpilih.

Dalam sambutannya, Nadiem menerangkan bahwa saat ini terdapat lebih dari 470.000 mahasiswa yang sudah pernah mengikuti program-program Kampus Merdeka. Dari total tersebut lebih dari 11.000 di antaranya adalah mahasiswa yang mengikuti Program WMK angkatan pertama di tahun 2022.

“Kita berhasil mencatatkan sejarah melalui Kampus Merdeka karena telah melahirkan ribuan wirausahawan muda yang akan menjadi penggerak pertumbuhan dan kemajuan ekonomi Indonesia,” tutur Nadiem.

Pelaksanaan berbagai program-program MBKM, termasuk Program Wirausaha Merdeka, menurut Nadiem juga merupakan jawaban dari tuntutan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) saat ini di mana mahasiswa harus memiliki kecakapan dan pengetahuan multidisiplin.

“Selain bermanfaat bagi mahasiswa dan lingkungan sekitarnya, dengan melahirkan lulusan-lulusan yang memiliki bekal sebagai wirausahawan, Program WMK juga mendukung target pencapaian nasional satu juta wirausahawan baru pada tahun 2024,” sambung Nadiem.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati memberikan ucapan selamat kepada delapan Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPV) yang terpilih sebagai Perguruan Tinggi Pelaksana Program Wirausaha Merdeka angkatan kedua tahun 2023.

Delapan PTPPV yang terpilih adalah Politeknik Negeri Batam, Politeknik Kutaraja, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Politeknik Negeri Jember, Politeknik Negeri Kupang, Politeknik Negeri Semarang, Politeknik Negeri Manado, dan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

Kiki berharap, Perguruan Tinggi Pelaksana yang sudah terpilih bisa menghadirkan pembelajaran kewirausahaan terbaik dan membantu mahasiswa sebagai talenta-talenta terbaik bangsa agar bisa mengoptimalkan potensi kewirausahaan yang dimiliki.

Dengan metode pembelajaran yang juga akan melakukan berbagai kegiatan praktik yang didampingi oleh praktisi dan ahli wirausaha profesional yang berperan sebagai mentor, Kiki juga mendorong mahasiswa vokasi yang akan bergabung agar memanfaatkan kesempatan di Program WMK sebagai sarana untuk mengembangkan potensi diri, khususnya pada aspek kewirausahaan.

“Pembelajaran dengan praktik langsung ini tentunya sejalan dengan karakteristik pendidikan vokasi yang sangat berbasis terapan,” tutur Kiki.

Pernyataan tersebut juga diamini oleh Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, Beny Bandanadjaja. Menurutnya integrasi mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi vokasi ke dalam berbagai program Kampus Merdeka merupakan salah satu solusi yang ditawarkan oleh Kemendikbudristek untuk terus memperkuat kompetensi lulusan mahasiswa vokasi.

“Dengan adanya banyak wadah dan kesempatan mencari pengalaman yang diberikan melalui implementasi berbagai program MBKM, para lulusan pendidikan tinggi vokasi diharapkan mampu dan siap memberikan dampak positif di tengah masyarakat,” terang Beny.

Pada pelaksanaan angkatan kedua tahun 2023 ini, Program WMK menargetkan 12.000 mahasiswa untuk bergabung dan belajar di 34 Perguruan Tinggi Pelaksana (PTP) yang tersebar di seluruh Indonesia. Angka ini meningkat dibanding angkatan pertama dengan tujuan untuk memperluas dampak pelaksanaan program ini secara lebih merata.

Pendaftaran Program WMK sudah dibuka  untuk mahasiswa melakukan registrasi akun di laman resmi pendaftaran program. Informasi lebih lanjut mengenai pelaksanaan Program WMK Angkatan 2 tahun 2023 dapat diakses melalui wirausahamerdeka.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id.