Insan Vokasi Wajib Tahu, Ini Tip Pertahankan Bisnis Menurut Co Founder Anomali Coffee dan Pipiltin Cocoa

Insan Vokasi Wajib Tahu, Ini Tip Pertahankan Bisnis Menurut Co Founder Anomali Coffee dan Pipiltin Cocoa

Jakarta, Ditjen Vokasi - Menjalankan bisnis atau usaha memerlukan lebih dari sekadar ide brilian dan modal yang cukup. Keberlanjutan bisnis adalah tujuan utama yang harus dicapai oleh setiap pengusaha, terutama bagi insan vokasi yang sedang merintis usaha. 


Maka dari itu, untuk mendukung produk lokal Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan Vokasifest 2024 pada 20—21 Juli 2024 di Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pendidikan vokasi dan pengembangan usaha. Salah satu rangkaian acara Vokasifest 2024 adalah talkshow vokasi.


Dalam talkshow ‘Strategi Branding bagi Wirausaha Pemula’, salah satu narasumber yaitu Irvan Helmi membagikan tip mempertahankan usaha. Irvan Helmi adalah co-founder Anomali Coffee dan Pipiltin Cocoa yang telah sukses mengembangkan bisnis di industri kopi dan coklat. Penasaran seperti apa tipnya? Berikut adalah penjelasannya. 


  1. Keterampilan Teknis dan Pengetahuan tentang Bisnis

Hal yang penting menurut Irvan dalam mengembangkan usaha adalah pengetahuan dan ilmu tentang bisnis di bidang tersebut. Sebagai contoh, jika ingin membuka usaha kopi, pelajarilah terlebih dahulu pengetahuannya dari hulu ke hilir. 


Pendidikan yang dapat ditempuh untuk memperdalami suatu bidang adalah dengan pendidikan vokasi. Satuan pendidikan vokasi, baik di SMK, perguruan tinggi vokasi, maupun di lembaga kursus dan pelatihan (LKP) dapat menjadi tempat terbaik untuk mengenal lebih jauh tentang suatu bidang keterampilan karena fokus pada penguasaan keterampilan melalui praktik dan pembelajaran berbasis projek atau project based learning (PBL). Di satuan pendidikan tersebut juga, memfasilitasi peserta didik untuk menjadi seorang wirausaha. 


  1. Miliki Koneksi dengan Customer

Menurut Irvan, seorang pengusaha harus memiliki visi yang dipercayai dan customer juga mempercayai visi tersebut. Hal ini dapat membangun sebuah koneksi antara owner dan customer. Selain itu, seorang pengusaha tidak hanya fokus pada penjualan produk, tetapi juga bangun koneksi kedekatan dengan customer dengan cara-cara unik. Sebagai contoh adalah bangun romantisme dengan menceritakan pengalaman customer membeli produk. Hal itu dapat memberikan wawasan dan kesan yang dialami customer. 


  1. Punya Mental yang Kuat

Merintis usaha dan mengembangkan usaha bukanlah suatu hal yang mudah. Seseorang harus punya sikap mental yang kuat dan tidak gampang menyerah. Pastikan untuk tidak mudah putus asa ataupun terbawa perasaan jika mendapatkan masukan dari orang lain atau takut akan kegagalan. Menurut Irvan, kegagalan adalah persepsi yang dibentuk oleh manusia. Hal itu dikarenakan, walaupun kita kurang berhasil dalam mencoba usaha, rencana Tuhan akan mempersiapkan lebih. Maka dari itu, berpikir positif dalam menjalankan usaha adalah hal yang penting juga.


  1. Perkaya Inovasi

Apapun jenis usahanya, inovasi adalah kunci untuk agar tetap bertahan di pasar ciptakan produk atau layanan baru yang dapat menarik minat pelanggan. Kreativitas dalam pemasaran juga dapat membantu meningkatkan visibilitas dan penjualan bisnis. Selain itu, selalu lakukan evaluasi terhadap produk atau layanan yang kamu tawarkan.


  1. Kelola Keuangan dengan Bijak

Manajemen keuangan yang baik juga tip penting dalam mempertahankan bisnis. Buatlah anggaran yang realistis dan lakukan pemantauan secara rutin. Hindari utang yang tidak perlu dan pastikan selalu memiliki cadangan dana untuk menghadapi situasi darurat.


Dengan menerapkan tip di atas, semoga usaha yang sedang insan vokasi lakukan dapat berjalan dengan baik. Ingatlah bahwa kesuksesan memerlukan kerja keras, komitmen, dan strategi yang tepat, bukan instan. (Zia/Cecep)