Ingin Membuat Make Up Karnival? Ini 5 Tip Menurut SMK Tata Kecantikan Kulit dan Rambut

Ingin Membuat Make Up Karnival? Ini 5 Tip Menurut SMK Tata Kecantikan Kulit dan Rambut

Palembang, Ditjen Vokasi – Karnival adalah kesempatan yang sempurna untuk berkreasi dan mengekspresikan diri melalui make up karakter yang dramatis, penuh warna, dan luar biasa.


Menghadirkan karakter yang unik membutuhkan kreativitas serta keterampilan khusus dalam merias wajah. Buat kamu yang ingin belajar dan mengeksplorasi kemampuan membuat make up karakter, berikut ini, guru Konsentrasi Keahlian Tata Kecantikan Kulit dan Rambut, SMKN 6 Palembang, Sumatra Selatan, Rumiati, akan membagikan lima tip penting dalam menciptakan make up karakter untuk karnival yang memukau. 


  1. Kenali Karakter yang Akan Dibuat

Sebelum memulai, penting untuk kita memahami karakter yang ingin ditampilkan. Memahami karakter yang akan dibuat akan mempermudah kita dalam menghadirkan elemen-elemen utama yang perlu diperhatikan, seperti warna dasar, detail, dan nuansa wajah yang diinginkan. 


  1. Pilih Produk Make Up yang Tahan Lama

Kegiatan karnival biasanya berlangsung seharian oleh karena itu, pastikan produk yang kamu gunakan adalah produk yang tahan lama dan tidak mudah luntur. Produk make up yang waterproof dan transferproof sangat dianjurkan untuk mencegah riasan rusak akibat keringat atau kondisi cuaca. Sebelum menggunakan foundation, kamu bisa menggunakan primer terlebih dahulu agar make up lebih menempel. 


  1. Gunakan Teknik Shading dan Highlighting

Teknik shading dan highlighting dapat memberikan dimensi lebih pada make up karakter. Shading bisa digunakan untuk menonjolkan bagian tertentu, seperti memberikan efek mata cekung, memberikan tampilan hidung agar lebih tajam, ataupun membuat rahang terlihat lebih tegas. Sementara itu, highlighting akan memberikan cahaya pada bagian-bagian tertentu untuk menciptakan ilusi bentuk wajah yang berbeda atau lebih dramatis. 


  1. Eksplorasi dengan Tekstur dan Aksesoris

Untuk memperkaya tampilan karakter, cobalah bermain dengan tekstur make up dan aksesoris tambahan. Penggunaan face paint yang tebal, glitter, rhinestones akan memberikan efek visual yang lebih menonjol. Untuk menyempurnakan tampilannya, kamu bisa menambahkan elemen seperti bulu palsu atau hiasan lain yang merepresentasikan karakter yang kamu buat. 


  1. Perhatikan Detail Mata dan Bibir

Mata dan bibir adalah bagian wajah yang paling ekspresif. Dalam make up karakter, dua area ini bisa menjadi fokus utama yang menonjol. Kamu bisa menggunakan eyeliner, eyeshadow, dan bulu mata palsu untuk menciptakan tampilan mata yang besar dan tajam. Tambahkan juga lensa kontak berwarna jika ingin memberikan efek yang lebih intens. Untuk bagian bibir, kamu bisa gunakan warna-warna bold untuk karakter yang lebih misterius.


Itu dia lima tip membuat make up karakter untuk karnival. Dengan memahami lima tip tersebut, kamu bisa menciptakan tampilan yang mengesankan. (Aya/Cecep)



Sumber foto: Pinterest