Gaet ESMOD dan Makarizo, Direktorat Kursus dan Pelatihan Buka Pendaftaran Magang bagi Instruktur

Gaet ESMOD dan Makarizo, Direktorat Kursus dan Pelatihan Buka Pendaftaran Magang bagi Instruktur


Jakarta, Ditjen Vokasi – Dalam memaksimalkan pembelajaran di lembaga kursus dan pelatihan (LKP), perlu adanya peningkatan kompetensi instruktur. Hal tersebut berguna agar proses pembelajaran di LKP selaras dengan perkembangan kompetensi dan kebutuhan industri di masing-masing bidang keterampilan.


Berdasarkan latar belakang itulah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Kursus dan Pelatihan (Ditsuslat), Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi melakukan Sosialisasi Program Magang Instruktur Kursus dan Pelatihan: Bidang Tata Busana dan Tata Kecantikan Rambut Tahun 2023. Tahun ini, Ditsuslat menggandeng ESMOD Jakarta sebagai mitra industri bidang tata busana dan Makarizo sebagai mitra industri di bidang tata kecantikan rambut untuk program Magang Instruktur.


“Program magang ini memberi kesempatan bagi instruktur kursus untuk peningkatan kompetensi melalui praktik kerja di dunia industri untuk selanjutnya diterapkan pada pembelajaran dengan peserta didik binaannya,” pesan Direktur Kursus dan Pelatihan, Wartanto, dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan pada Selasa (11-04-2023).


Direktur Wartanto berharap bahwa program magang ini dapat mendukung para instruktur untuk meningkatkan kompetensi, keahlian, dan pengetahuannya sesuai perkembangan terkini di industri. 


Mengingat kepentingan tersebut, program Magang Instruktur memiliki beberapa tujuan. Tujuan pertama adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan instruktur terkait kompetensi terbarukan, teknologi termutakhirkan, budaya kerja, dan karakter yang diterapkan di dunia kerja dan industri. Tujuan kedua adalah memberikan pengalaman kepada instruktur untuk memadukan kompetensi yang dimiliki dengan kompetensi terbarukan di dunia kerja dan industri. 


Selain kedua hal di atas, program Magang Instruktur ini pun mendorong terjadinya peningkatan kompetensi teknis instruktur kursus dan pelatihan terkait proses produksi dan penggunaan teknologi termutakhirkan di dunia kerja serta kemampuan teknis sebagai seorang instruktur. Dengan demikian, program ini pun dapat memfasilitasi instruktur terkait proses produksi dan kemampuan teknis. Dengan demikian, kerja sama antara LKP dengan dunia kerja dan industri dapat terfasilitasi.


Sebagai kelanjutan dari Program Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia (PPKSDM), program Magang Instruktur berfokus pada peningkatan kompetensi secara keseluruhan. Peningkatan kompetensi tersebut dimulai dari penguatan karakter dan tata kerja industri sebagai soft skills sampai dengan penguatan praktik kerja di industri, serta metode pembelajaran sebagai hard skills


Sejak tahun 2020, sebanyak 324 orang instruktur kursus telah melakukan magang di 20 industri dengan berbagai jenis keterampilan. Di tahun 2023 ini, bidang keterampilan tata busana bekerja sama dengan ESMOD Jakarta. Sementara itu, untuk mitra industri bidang tata kecantikan rambut, Ditsuslat menggandeng brand Makarizo Professional.



ESMOD Jakarta sendiri dipilih sebagai mitra industri untuk magang instruktur bidang tata busana karena pengalamannya di bidang fesyen yang sudah lebih dari 182 tahun. 


Tidak hanya itu, ESMOD Jakarta pun menjadi bagian dari 20 sekolah fesyen dunia yang berpusat di Paris sehingga memiliki jaringan industri mode internasional. Sekolah modenya telah sukses melahirkan para desainer ternama di tanah air dan sebagai pusat pelatihan tata busana. Dengan memiliki kesamaan visi di bidang pelatihan, ESMOD Jakarta turut berkontribusi dengan program Magang Instruktur.


Dini Mirawati selaku R&D Manager ESMOD Jakarta berpesan kepada calon peserta magang untuk tidak takut mengambil kesempatan dalam meniti karier. Hal tersebut dikarenakan kegagalan terbesar adalah tidak mencoba.


“Begitu menemukan sesuatu yang disukai, jadilah yang terbaik dalam melakukannya. Program Magang Instruktur Kursus dan Pelatihan ini merupakan kesempatan bagi Anda untuk mendapatkan pengalaman sekaligus mengembangkan kemampuan yang selama ini anda minati,” pesan Dini Mirawati dalam penyampaian materinya.


Di sisi lain, Makarizo Professional di bawah PT Akasha Wira International, Tbk dipilih berdasarkan pengalamannya di bidang pelatihan kecantikan rambut di Indonesia selama lebih dari 43 tahun. Dengan program-program pelatihan yang dipandu oleh para pakar dan Senior Educator di dalam dan luar negeri, Makarizo sendiri adalah produk lokal yang mereknya telah mendunia di industri tata kecantikan rambut.  


“Kami mendukung program yang sangat baik ini. Program ini mampu melahirkan hairdresser terbaik di Indonesia yang dapat memberikan kontribusi nyata kepada dunia pendidikan, industri, serta nusa dan bangsa,” ungkap Arfan Sunoto, Senior Educator Makarizo Professional, dalam kesempatan yang sama.


Dalam pelaksanaan magang 8 hari, program Magang Instruktur diperuntukkan bagi para instruktur kursus dan pelatihan terpilih. Proses pemilihan instruktur ini meliputi penyusunan pedoman dan program, sosialisasi program magang, pengumuman pembukaan pendaftaran, dan proses kurasi mulai dari pengiriman portofolio sampai wawancara, hingga akhirnya ditetapkan 15 instruktur terpilih dari masing-masing bidang.


Bagi calon peserta yang tertarik mengikuti program Magang Instruktur, berikut adalah persyaratanya.

  1. Berusia antara 25 s.d. 45 tahun dibuktikan dengan fotokopi KTP.

  2. Pendidikan formal minimal SMA/SMK sederajat dibuktikan dengan fotokopi ijazah pendidikan formal.

  3. Memiliki sertifikat kompetensi di bidangnya minimal jenjang 3. 

  4. Memiliki pengalaman mengajar minimal 3 tahun dibuktikan dengan surat keterangan dari lembaga pendidikan dan foto Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN) lembaga tempat mengajar.

  5. Sehat jasmani dan rohani dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter.

  6. Belum pernah mengikuti program yang sama 3 tahun terakhir.


Pendaftaran dibuka mulai 11 April 2023 melalui tautan http://www.bit.ly/daftarmaganginstruktur2023 dan pelaksanaan magang akan dilaksanakan pada 5—14 Juni 2023. (Nina/Zia/Cecep Somantri)