Dukungan Pengembangan UMKM, Ditjen Pendidikan Vokasi Gelar Vokasifest 2024

Dukungan Pengembangan UMKM, Ditjen Pendidikan Vokasi Gelar Vokasifest 2024

Jakarta, Ditjen Vokasi - Direktorat Jenderal Pendidikan vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (kemendikbudristek) kembali menggelar Vokasifest 2024. Berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta, Vokasifest kali ini akan menjadi ajang dukungan dan peran serta pendidikan vokasi pada pengembangan UMKM di Indonesia 


Vokasifest 2024 akan dilangsungkan bersama dengan acara Harvesting Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisat Indonesia (Gerbas BBI/BBWI) di  Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, 20—21 Juli 2024. Acara yang dikemas sebagai Gernas BBI/BBWI X Vokasifest 2024 ini mengambil tema "Mendukung Lokal, Membangun Negeri".



Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati, mengatakan bahwa UMKM dan pendidikan vokasi memiliki keterkaitan yang cukup erat. Kolaborasi antara keduanya akan menjadi sinergi yang harmonis untuk mendukung penguatan ekonomi bangsa Indonesia. 


"Produk yang berkualitas itu dikerjakan oleh orang orang yang berkualitas yang kompeten di bidangnya. Ketika  kita bangga menggunakan produk lokal, sejatinya kita sudah turut membangun negeri karena kita turut menggerakan ekonomi kerakyatan yang dimotori oleh para UMKM ini," kata Dirjen Kiki. 


Selain itu, lanjut Dirjen Kiki, keterpautan antara pendidikan vokasi dan UMKM juga terkait dengan penyiapan sumber daya manusia untuk mendukung UMKM. Sebagaimana diketahui, UMKM menjadi salah satu sektor yang menyerap banyak tenaga kerja. Sementara itu, pendidikan vokasi memiliki tugas untuk menyiapkan tenaga kerja. 


“Ide-ide dari UMKM juga bisa ditangkap oleh vokasi melalui teaching factory yang ada di satuan satuan pendidikan vokasi,” Dirjen Kiki menambahkan. 


Sebagai informasi, Gernas BBI/BBWI X Vokasifest 2024 ini sendiri akan menampilkan serangkaian acara, mulai dari talkshow bertema kewirausahaan yang akan diisi oleh insan-insan vokasi dan workshop yang akan menampilkan berbagai keahlian dari peserta didik vokasi. Acara ini juga akan dimeriahkan oleh pertunjukan orkestra dari satuan pendidikan vokasi yang akan berkolaborasi dengan salah satu lulusan atau alumnus vokasi. Ada juga fashion show yang akan menampilkan karya-karya dari peserta didik SMK yang telah mendapat pelatihan atau pembinaan dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta serta berbagai acara menarik lainnya. (Nan/Cecep)