Dari Losmen sampai Homestay, Kenali Ragam Akomodasi Penginapan  di Indonesia

Dari Losmen sampai Homestay, Kenali Ragam Akomodasi Penginapan di Indonesia

Jakarta, Ditjen Vokasi - Libur lebaran kerap dimanfaatkan oleh masyarakat untuk rehat sejenak untuk mencari suasana baru dengan berlibur ke luar kota. Saat memutuskan berlibur, akomodasi biasanya akan menjadi pertimbangan utamanya. Apakah akan memilih menginap di hotel, hostel, motel, atau homestay?. 


Jika selama ini hotel kerap menjadi pilihan familier bagi keluarga saat menginap, akan tetapi sebenarnya ada beragam jenis penginapan yang tersedia di Indonesia. Mulai dari hotel, hostel, motel, losmen ataupun homestay. Semua ragam akomodasi tersebut bisa dipilih sesuai dengan kemampuan. 


Meskipun sama-sama sebagai akomodasi untuk menginap, namun beragam jenis penginapan tersebut menawarkan fasilitas yang berbeda-beda untuk para tamunya. Nah apa saja sebenarnya pembeda antara hotel, hostel, motel hingga homestay ini? 


Berikut perbedaan antara losmen, hostel, motel, hotel, dan homestay yang dirangkum dari sejumlah sumber :


Losmen 


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia alias KBBI, losmen adalah penginapan yang menyewakan kamar, tanpa menyediakan fasilitas makan. Jika merujuk pada akar katanya, losmen sendiri berasal dari bahasa Prancis “logement” yang artinya “penghunian”.


Masyarakat biasanya menyamakan antara losmen dengan hotel melati. Padahal keduanya berbeda.  Losmen masuk kategori penginapan low budget dengan harga sewa yang hanya kisaran Rp100.000.


Dengan tarif yang cukup hemat tersebut, jenis penginapan ini menjadi cocok bagi backpacker pakai saat enggan mencari hotel. Karena harganya yang relatif murah, maka Anda tidak bisa mengharapkan fasilitas yang berlebih dari jenis penginapan ini. Bahkan dibanding hotel kelas melati sekalipun yang terkadang masih memiliki sejumlah fasilitas seperti TV ataupun AC. 


 Hostel 


Konsep hostel lebih menyerupai asrama siswa yakni terdiri dari ranjang-ranjang yang disusun untuk para tamu dalam satu kamar berukuran cukup besar, persis seperti asrama siswa.

Jika di losmen atau hotel, para tamu menyewa kamar, maka di hostel, para tamu lebih pada menyewa tempat tidur. 


Pemilihan hostel akan dirasa pas manakala Anda pergi beramai-ramai dalam jumlah rombongan yang cukup banyak yang tetap ingin tinggal dalam satu kamar yang sama. 

 

Fasilitas pribadi di hostel biasanya tidak banyak, tetapi memiliki fasilitas sosial yang lebih banyak daripada hotel. Hostel bisa kita temui di kota maupun dekat destinasi wisata outdoor.


Motel 


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, motel merupakan gabungan dari mobil hotel, yakni merupakan penginapan yang ditujukan terutama untuk pelancong bermobil, kamar-kamarnya mudah dicapai dari tempat parkir yang tersedia.


Tidak seperti hostel yang memiliki banyak tempat tidur dalam satu kamar, maka Motel kurang lebih sama seperti losmen. Dalam satu kamar pun diisi dengan sejumlah fasilitas seperti kamar mandi pribadi, namun tidak senyaman dan selengkap fasilitas yang diberikan oleh hotel.



Hotel 


Hotel adalah jenis penginapan yang paling umum di masyarakat. Hotel memiliki fasilitas-fasilitas yang disesuaikan dengan peringkat bintang dari hotel tersebut. Dengan demikian fasilitas yang diberikan juga bisa dikategorikan dari fasilitas yang agak mewah sampai super mewah.


Hotel umumnya berbentuk bangunan besar dengan banyak kamar di dalamnya. Pilihan jenis kamarnya juga cukup beragam dan didasarkan pada fasilitas dan pelayanan standar tertentu. 


Hotel dikelola dalam standar tertentu untuk tujuan komersial. Dengan begitu, hotel berstandar tinggi akan memperoleh kelas sebagai hotel bintang 1 hingga 5. 


Jika Anda memesan kamar hotel, Anda tidak hanya menyewa kamar. Tetapi termasuk pula di dalamnya fasilitas, pelayanan, serta makanan. Dengan begitu, harga sewa hotel terlihat agak mahal. 



Homestay


Dikutip dari Wikipedia, homestay merupakan salah satu bentuk penginapan  di mana pengunjung atau tamu akan menginap di kediaman penduduk setempat di kota tempat mereka bepergian. Penginap akan membayar sejumlah uang sebagai kompensasi untuk pemilik rumah. 


Fasilitas di homestay biasanya merupakan apa yang disediakan pemilik di rumah mereka tersebut.  Homestay sangat cocok untuk wisata keluarga karena Homestay menawarkan fasilitas seperti rumah pribadi pada umumnya. Mulai dari dapur, peralatan rumah tangga, dan sebagainya. (Nan).