Chicalo, Brand SMKN 1 Cikalong Kulon Kibarkan Kuliner

Cianjur, Ditjen Diksi - Dikenal dengan brand “Chicalo”, SMKN 1 Cikalong Kulon yang terletak di Desa Cinangsi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ini kian melebarkan sayapnya. Bekerja sama dengan Tom My Chick Indonesia, SMKN 1 Cikalong Kulon menghadirkan Mr. Chicalo Tom My Chick.

 

Mr. Chicalo Tom My Chick merupakan sebuah bisnis yang berbasis teaching factory dari SMKN 1 Cikalong Kulon bersama Tom My Chick yang tidak lain adalah anak perusahaan De Colonel Indonesia yang bergerak di bidang kuliner produk olahan ayam.

 

Sebelumnya, Mr. Chicalo Tom My Chick sudah melaksanakan soft opening pada bulan Mei lalu. Adapun grand opening dilaksanakan pada 8 Juni 2022.

 

Kepala SMKN 1 Cikalong Kulon, Jajat Sudrajat menyampaikan, adanya kerja sama ini diharapkan dapat menjadi sebuah wadah bagi siswa untuk berlatih mengembangkan kompetensinya seperti apa yang ada pada industri.

 

“Ya, alhamdulillah dengan adanya berbagai Chicalo yang merupakan teaching factory, ditambah dengan hadirnya Mr. Chicalo Tom My Chick ini bisa membuat Chicalo melebarkan sayapnya di dunia kuliner,” ujarnya.

 

SMK yang mengikuti program SMK Pusat Keunggulan (PK) di bidang agribisnis ternak ini memberikan bukti nyata dengan melebarkan sayap “Chicalo” melalui mini resto Mr. Chicalo Tom My Chick. Mengingat kemajuan dunia kuliner di bidang olahan ayam, SMKN 1 Cikalong Kulon tak ingin menyia-nyiakan kesempatan yang ada. Dengan membaca peluang disertai dengan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dari SMKN 1 Cikalong Kulon, Mr. Chicalo Tom My Chick ini dihadirkan tidak sekadar mini resti, melainkan sekaligus menjadi laboratorium praktik nyata bagi siswa untuk melatih hard skill maupun soft skill.

 

Tidak hanya itu, SMKN 1 Cikalong Kulon juga memiliki Edufarm Chicalo yang merupakan tempat rekreasi, sekaligus wadah belajar yang baik bagi perkembangan anak yang terbuka bagi siswa pendidikan taman kanak-kanak (TK) hingga sekolah menengah pertama (SMP). Adapun sarana wisata edukasi yang dapat dikunjungi meliputi

1. green house agribisnis tanaman pangan holtikultura (ATPH);

2. laboratorium agribisnis pengolahan hasil pertanian (APHP);

3. penangkaran rusa/wahana kandang rusa Timor; dan

4. wahana pabrik roti dan donut.

 

Keren, bukan? SMK kini dapat mengembangkan kompetensi siswanya dengan menghadirkan beragam inovasi pembelajaran seperti yang dilakukan oleh SMKN 1 Cikalong Kulon melalui brand “Chicalo”. Melalui bukti nyata implementasi dari teaching factory, SMK diharapkan mampu mencetak lulusan yang kompeten, unggul, dan berdaya saing global. (Diksi/Tan/AP/NA)