Bayke Natural: Berkhasiat untuk Kesehatan, Produk Karya Alumnus Kursus dan Pelatihan Gernas BBI
Bireun, Ditjen Vokasi - Alumnus satuan pendidikan vokasi tak henti dalam berkarya. Kali ini, Syafiani, alumnus LPK Al Ukhwah, Aceh, membuat produk Bayke Natural. Produk tersebut merupakan minuman teh herbal dan kombucha. Keterampilan dalam menjalankan bisnisnya pun semakin lengkap karena diimbangi dengan Pelatihan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) 2024.
Pelatihan Gernas BBI merupakan upaya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi dalam mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia dengan memberikan Pendampingan dan Pelatihan Digital Gernas BBI 2024 bagi satuan pendidikan vokasi seluruh jenjang pendidikan.
Pelatihan ini pun memiliki pengaruh besar di kehidupan Syafiani. Ide bisnisnya yang semula hanya ada di kepala dapat terealisasikan. Pelatihan Digital dengan tema “Produk Lokal Naik Kelas” telah terselenggara pada tanggal 6 s.d. 28 Mei 2024. Karena produk yang dibawa Syafiani menarik, ia pun berhasil lolos 20 besar champion dan mengikuti pelatihan tambahan dengan tema “Skill Live Selling, Penting!” pada tanggal 8 Juli 2024.
“Saya pribadi tidak mengonsumsi obat-obat kimia. Maka dari itu, saya juga mengeksplor obat-obatan herbal dan ingin memperkenalkan produk ini juga ke masyarakat luas,” ujar Syafiani.
Waktu untuk mengeksplorasi bahan-bahannya tersebut membutuhkan waktu satu tahun. Secara kebetulan, di waktu yang tepat, ia dapat mengikuti pelatihan GBBI ini dan mendapatkan pengetahuan kewirausahaan di era digital yang sangat membantunya untuk merintis usaha.
“Bisnis herbal punya prospek yang tinggi dan juga saya hobi menanam tanaman. Hal itu juga mendorong saya untuk punya bisnis ini,” lanjut Syafiani.
Produk Unggul untuk Kesehatan
Dari proses trial and error tersebut, Syafiani pun memproduksi dua jenis produk minuman, yaitu teh telang dan kombucha dengan bahan yang sama. Syafiani mengungkapkan jika kedua produk tersebut membantu dalam menurunkan kolesterol, darah tinggi, dan juga untuk mengembalikan mood booster serta yang paling utama adalah cocok buat yang bermasalah dengan pencernaan.
“Saya coba sendiri dan testimoni dari pelanggan juga berdampak besar untuk mencegah sembelit,” tutur Syafiani.
Menurut Syafiani, keunggulan produk tersebut memang perlu dimanfaatkan dengan penggunaan media sosial dalam memasarkan produknya. Ia pun menerima berbagai materi dan tugas di setiap pertemuan yang difasilitasi oleh asosiasi E-Commerce Indonesia (iDEA) sebagai pendamping dan asesor untuk melatih para UMKM.
Hal yang berkesan dalam pelatihan digital bagi Syafiani adalah dalam memasang iklan di Instagram. Sebagai orang awam yang tinggal jauh dari kota, Syafiani baru mengetahui bagaimana caranya pemasangan iklan dan hal tersebut sangat mempengaruhi omzet dalam penjualan produknya.
Syafiani mengungkapkan, “Setelah pakai iklan, omzet saya cukup naik sampai Rp500.000,00 dengan membuat tiga konten yang menarik.”
Kesungguhan Syafiani pun membawa ia maju sebagai 5 champion terbaik dari Pelatihan GBBI 2024. Ia turut diundang pada malam Seremoni Harvesting GBBI/GBWI X Vokasifest 2024 di Taman Lapangan Banteng, Jakarta, Sabtu (20-07-2024).
“Alhamdulillah, tidak menyangka bisa jadi lima champion terbaik. Saya dapat banyak pengalaman dan juga ilmu tentang dunia bisnis,” ujar Syafiani penuh haru.
Dari pelatihan tersebut, semangat Syafiani mengembangkan bisnis pun semakin besar. Dengan adanya pendanaan, membantunya dalam memproduksi lebih banyak Bayke Natural. Ia pun akan berfokus untuk menjadikan Instagram sebagai pusat pemasaran dan marketplace untuk menjangkau pasar yang lebih luas. (Zia/Cecep)