Bangga!!! Aplikasi Rekam Medis Tim EHAC PENS Juarai INVEST 2023

Bangga!!! Aplikasi Rekam Medis Tim EHAC PENS Juarai INVEST 2023

Surabaya, Ditjen Vokasi - Tim EHAC Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) berhasil meraih juara 1 pada kompetisi INVEST (Informatics Innovation Festival) yang digelar oleh Institut Teknologi Telkom Purwokerto beberapa waktu lalu. 

 

Tim EHAC yang beranggotakan 2 (dua) orang mahasiswa Program Studi Teknik Informatika,yakni Ahmad Shonhaji dan M. Ilham Adi tersebut sukses meraih juara 1 untuk kategori web developer. Keduanya mengembangkan aplikasi website Sehat Chain yang merupakan aplikasi pencatatan rekam medis elektronik berbasis blockchain guna menjaga keamanan integritas data. 

 

Menurut Ahmad Shonhaji, pengembangan aplikasi Sehat Chain dilatarbelakangi oleh masih banyaknya fasilitas layanan kesehatan di Indonesia yang melakukan pencatatan medis secara manual. Selain tidak efisien dan memakan banyak waktu, pencatatan rekam medis secara manual juga rawan dengan kebocoran data-data pasien. 

 

Aplikasi Sehat Chain yang kami kembangkan itu untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut. Data pasien akan terjaga dan akan lebih efisien dari sisi waktu, kata Ahmad Shonhaji. 

 

Aplikasi Sehat Chain yang mereka kembangkan tersebut mencoba mengintegrasikan data rekam medis yang ada di fasilitas kesehatan. Aplikasi ini memiliki sejumlah fitur-fitur yang dapat digunakan untuk membantu pencatatan rekam medis pasien secara lebih aman.

 

Dalam kompetisi INVEST ini, alur dan proses yang dilalui tim EHAC adalah mengembangkan aplikasi website yang siap pakai, membuat proposal lomba, hingga presentasi di hadapan dua dewan juri melalui zoom video conference

 

Selama berkompetisi, tim EHAC terdorong untuk memberikan kemampuan terbaiknya dalam membuat fitur, desain, dan kegunaan aplikasi. Kerja keras tim terbayar kontan pada hari pengumuman, Ahmad dan Ilham berhasil menjadi tim terbaik kategori web developer. 

 

“Penghargaan ini sangat berarti bagi kami dan merupakan suatu kebanggaan dan kebahagiaan bisa menjadi juara 1. Terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah mendukung,” ujar Ahmad.

 

INVEST sendiri merupakan kompetisi nasional tahunan yang dilaksanakan oleh Prodi Informatika, Institut Teknologi Telkom Purwokerto untuk merayakan perayaan ulang tahunnya. INVEST memiliki 3 (tiga) jenis kompetisi, yaitu Mobile Application, Website Application, dan UI/UX Design untuk tingkat mahasiswa dan SMA/SMK. (PENS/Rifqi/Cecep Somantri)