5 Pilihan Makanan Nusantara yang Cocok untuk Merayakan Lebaran

5 Pilihan Makanan Nusantara yang Cocok untuk Merayakan Lebaran

Jakarta, Ditjen Vokasi – Hari lebaran adalah momen yang spesial di mana keluarga dan teman-teman berkumpul untuk merayakan kemenangan setelah bulan Ramadhan. Selain beribadah, makanan juga menjadi bagian tak terpisahkan dari perayaan ini. 


Di momen spesial ini, biasanya orang-orang sibuk menyiapkan hidangan yang akan disuguhkan untuk keluarga inti maupun keluarga besar. Ada berbagai hidangan nusantara yang sering dimasak untuk momen ini. Berikut ini lima jenis hidangan nusantara yang banyak disiapkan untuk merayakan hari lebaran menurut Ketua Program Keahlian Tata Boga, SMKN 57 Jakarta, Mega Hadinata.


  1. Ketupat

Ketupat adalah hidangan khas lebaran yang tidak boleh dilewatkan. Ketupat ini terbuat dari beras yang dibungkus dalam anyaman daun kelapa dan dikukus. Ketupat memiliki tekstur yang kenyal, aroma yang lezat dan cocok disajikan dengan opor ayam, rendang, atau sambal goreng. 


  1. Rendang

Rendang adalah hidangan khas Minangkabau yang terkenal di seluruh Indonesia dan dunia. Daging sapi yang dimasak dalam campuran rempah-rempah dan santan kelapa hingga empuk dan beraroma kaya membuat cita rasanya tidak bisa dilupakan. Rendang menjadi hidangan yang sempurna untuk disajikan di meja lebaran karena kesederhanaannya yang kaya rasa.


  1. Soto 

Meskipun soto adalah hidangan yang umum disajikan dalam kehidupan sehari-hari, kelezatannya tidak pernah gagal untuk memanjakan lidah pada saat lebaran. Soto adalah sup tradisional Indonesia yang terbuat dari kaldu ayam atau daging sapi dengan tambahan bumbu rempah yang kaya. Soto cocok disajikan dengan telur rebus, kentang, tauge, dan sambal. 


  1. Gulai Nangka

Gulai nangka dapat menjadi pelengkap untuk menu ketupat ataupun lontong saat lebaran. Berbeda dengan sayur santan, gulai nangka memiliki tekstur yang agak kental dan berwarna oranye kecoklatan. Cita rasa gulai nangka terasa gurih dengan menonjolkan potongan daging nangka yang lembut.


  1. Opor Ayam

Opor ayam menjadi pilihan tepat yang bisa disuguhkan saat lebaran. Biasanya menu ini dipadukan dengan lontong atau ketupat sayur. Opor ayam ini dimasak dengan racikan bumbu kuning halus yang terdiri atas bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit, dan lainnya.


Itu dia lima hidangan nusantara yang biasa dihidangkan saat lebaran. Jadi untuk lebaran besok, kamu mau menghidangkan apa? (Aya/Cecep)



Sumber foto: Freepik