5 Cara Meningkatkan Soft Skills bagi Mahasiswa

5 Cara Meningkatkan Soft Skills bagi Mahasiswa

5 Cara Meningkatkan Soft Skills bagi Mahasiswa

Jakarta, Ditjen Vokasi – Istilah soft skills tentu sudah begitu familier di masyarakat. Oleh banyak kalangan, soft skills dinilai menjadi hal penting yang akan berdampak pada kesuksesan seseorang di masa depan. Di sekolah maupun di kampus vokasi pun penguasaan soft skills para siswa maupun mahasiswa menjadi salah satu yang sangat ditekankan melalui berbagai program, seperti magang.

Dikutip dari e-book Manajemen Kerja oleh Wahdiyat Moko, dkk., soft skills sendiri diartikan sebagai kemampuan untuk bekerja sama dalam tim, memecahkan masalah, serta menyesuaikan diri dengan perubahan saat terjadi dalam lingkungan kerja. Tidak hanya di lingkungan kerja, soft skills juga dibutuhkan dalam menjalani kehidupan sehari-hari lo.

Penguasaan soft skills yang baik membuat individu akan dapat lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya, utamanya saat masuk dunia kerja.

Nah, bagi para mahasiswa penting untuk terus meningkatkan soft skills sebelum kalian terjun ke dunia kerja. Kalian bisa mengikuti lima langkah cara ini untuk meningkatkan soft skills.

1. Ikut kursus
Kursus tidak melulu pada penguasaan keahlian yang sifatnya lebih hard skill saja ya. Kalian bisa mengikuti kelas-kelas kursus, seperti pengembangan diri untuk mengembangkan soft skills kalian. Di kelas pengembangan diri, biasanya kalian akan diberi latihan bagaimana berbicara di depan publik, berkomunikasi yang baik, presentasi, manajemen waktu, dan sebagainya.

2. Manfaatkan waktu magang

Mahasiswa vokasi tentu tidak asing dengan kegiatan magang. Magang atau internship ini akan memberikan pengalaman langsung tentang dunia profesional secara nyata sehingga kegiatan magang bisa menjadi kesempatan yang baik untuk meningkatkan keterampilan soft skills kalian. Kalian bisa mencoba mengamati bagaimana rekan-rekan kerja kalian dalam berinteraksi dengan atasan atau klien, bernegosiasi, menyampaikan presentasi, dan sebagainya.

3. Ikut kegiatan sosial
Salah satu caranya adalah bisa dengan mencoba menjadi relawan atau volunteer pada sebuah organisasi sosial atau relawan bencana. Kesempatan ini bisa menjadi cara untuk belajar hal baru sekaligus berkontribusi membantu masyarakat sambil mengasah berbagai soft skill, seperti beradaptasi dengan lingkungan baru, komunikasi dalam tim, dan problem solving, terlebih saat menjadi relawan di daerah bencana.

4. Aktif di organisasi kampus

Ada banyak organisasi di kampus, jadi tidak ada salahnya untuk mengikutinya. Saat aktif dalam kegiatan organisasi dengan sendirinya kalian akan terlatih dalam hal mengelola waktu dengan baik, berkomunikasi, berdiskusi, menyampaikan pendapat dan sebagainya. Artinya, dengan berorganisasi kalian berkesempatan untuk melatih berbagai soft skills, seperti kepemimpinan, team work, komunikasi, bahkan critical thinking.

5 Bekerja part-time 

Selain magang, kalian juga bisa meningkatkan kemampuan soft skills kalian dengan kerja sambil kuliah. Tidak seperti magang, bekerja part-time atau paruh waktu ini akan memberikan kalian kesempatan untuk lebih memperhatikan time management, team work, dan lain sebagainya. Akan tetapi, pastikan kerja paruh waktu ini tidak mengganggu kuliah kalian ya. Selamat mencoba! (Nan/Cecep Somantri)