Politap-Industri Siap Perkuat Infrastruktur Ketapang

Ketapang, Ditjen Diksi – Berdiri sejak 2008, Politeknik Negeri Ketapang (Politap) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri baru (PTNB) yang berada di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Posisi ini memiliki peran strategis karena Kabupaten Ketapang merupakan wilayah yang sangat luas, yaitu 31.240,74 km² atau seluas 88,31% luas Provinsi Jawa Barat (luas Jawa Barat 35.378 km²). Dengan potensi perkebunan dan pertambangan di wilayah yang sangat luas ini, maka potensi pemanfaatan dan pengembangan program pendidikan yang dibuka Politap juga sangat besar.

Politap yang berstatus negeri sejak 2014 lalu ini memiliki delapan program studi (prodi), yakni Prodi DIV Budidaya Tanaman Perkebunan, Prodi D-IV Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan, Prodi D-III Agroindustri, Prodi D-III Perawaratan dan Perbaikan Mesin, Prodi D-III Teknik Elektro, Prodi D-III Teknik Informatika, Prodi D-III Teknik Pertambangan, dan Prodi DIII Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan.

Direktur Politap Endang Kusmana mengatakan bahwa potensi industri yang berada di desa-desa mendorong Politap untuk turut menguatkan pembangunan desa. Menurut Endang, salah satu penguatan program Dirjen Vokasi yang mendorong “Vokasi Kuat, Menguatkan Indonesia” akan diperkuat lagi dengan Politap dengan “Membangun Vokasi dari Desa”. “Efeknya akan lebih dahsyat karena akan mendorong ‘link and match’ Politap dengan industri, dengan melibatkan desa,” terangnya.

Karenanya, melalui Program Studi D-IV Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan, Politap bakal terlibat aktif dalam mendorong pembangunan insfrastruktur yang ada di wilayahnya. Adapun salah satu mitra Politap adalah PT Dua Sinar Ketapang Abadi yang merupakan salah satu perusahaan penyediaan beton di Kabupaten Ketapang. 

Untuk optimalisasi kerja sama sesuai tuntutan pengembangan pendidikan vokasi, maka pada tanggal 22 Oktober 2020 lalu Direktur Politap Endang Kusmana yang didampingi Penanggung Jawab Kerja Sama Martanto, dan Kepala Laboratorium Jurusan Teknik Sipil Hurul’Ain mengadakan kunjungan kerja ke PT Dua Sinar Ketapang Abadi. Kunjungan ini pun ditindaklanjuti dengan kunjungan balasan perusahaan ke kampus Politap pada 26 Oktober 2020. 

Direktur  PT Dua Sinar Ketapang Abadi Johanes Fransiskus Agung Sasmita menegaskan siap menguatkan program Politap “Membangun Vokasi dari Desa”. Adapun kerja sama yang sudah dilakukan, antara lain magang mahasiswa dan pemberdayaan dosen Politap sebagai dosen praktisi pada perusahaan, yaitu Hurul Ain dan Alan Purtanto sebagai tenaga ahli untuk merancang kualitas mutu beton, quality control material, dan mengontrol mutu lapangan.

Endang pun menjelaskan, kerja sama Politap dengan industri akan terus diarahkan untuk memperkuat “link and match” melalui magang mahasiswa, magang dosen/dosen praktisi, dan rekrutmen mahasiswa/alumni. Pihaknya juga menyambut baik kerja sama dengan PT Dua Sinar Ketapang Abadi untuk pembangunan infrastruktur di Kalimantan Barat sehingga dapat meningkatkan problem based learning (PBL) pada program studi D-IV Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan, sekaligus turut memperkuat kualitas pembangunan infrastuktur di Kabupaten Ketapang. (Diksi/Politap/AP/GS)