Polines Pamerkan Karya Inovatif Dosen dan Mahasiswa

Semarang, Ditjen Diksi - Politeknik Negeri Semarang (Polines) menyelenggarakan pameran secara virtual dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif dari dosen dan mahasiswanya pada 19-23 Oktober 2020. Acara yang disiarkan melalui kanal Youtube Polines Official tersebut dibuka oleh Supriyadi selaku Direktur Polines (19/10).

Supriyadi menjelaskan, kegiatan ini menjadi media untuk saling berkomunikasi antara Polines dengan mitra industri serta masyarakat. Dalam pameran ini Polines akan menampilkan lima belas karya terbaik yang dipresentasikan oleh tiga tim per harinya. Melalui karya-karya kreatif dan inovatif tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat dalam meringankan permasalahan yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

“Kami juga berharap bahwa apa yang menjadi karya-karya kreatif dari dosen maupun mahasiswa itu bisa dihilirisasi, bisa dioptimalkan atau, bisa diintegrasikan antara inovasi teknologi dengan inovasi bisnis. Karena, bagaimanapun juga inovasi teknologi tanpa dihilirisasi tidak ada artinya. Sehingga, kerja sama dengan mitra industri menjadi suatu keharusan guna mengoptimalkan karya-karya, supaya bisa menjadi nilai manfaat bagi masyarakat,” tutur Supriyadi.

Adapun tiga karya yang ditampilkan pada hari pertama, yaitu Robot RAMA, mesin CNC multifungsi, dan alat bantu penerima tamu bagi penyandang tuna rungu. Robot RAMA merupakan salah satu karya yang telah mendapat banyak apresiasi, yang saat ini tengah bekerja sama dengan PT Telkom dalam pengembangannya. Robot yang berbentuk rak tiga susun ini berfungsi untuk meminimalisasi kontak langsung tenaga medis dengan pasien Covid-19. Robot yang dapat dijalankan menggunakan remote control tersebut sedang dipersiapkan untuk digunakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dalam penanganan pasien Covid-19. (Diksi/RA/AP/GS)