SMKN 1 Grati Unggulkan Bidang Agribisnis Ternak

Pasuruan, Ditjen Diksi – SMKN 1 Grati, Pasuruan, Jawa Timur, semakin mantap untuk memperkuat teaching factory (Tefa) setelah menerima Program SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) Kemendikbudristek tahun 2021. Bidang unggulan yang diangkat pada SMK PK 2021 adalah agribisnis ternak.

 

Saat ini SMKN 1 Grati telah bermitra baik dengan sejumlah dunia usaha, industri, dan kerja (DUDIKA) untuk pengembangan Tefa berdasarkan bidang keahlian. Adapun jenis produk yang dihasilkan pada agribisnis ternak unggas adalah karkas ayam beku, telur asin omega 3, telur ayam ras/negeri, telur puyuh, serta desinfektan top dan antiseptik top.

 

“Manfaat yang kami dapatkan di antaranya meningkatnya kerja sama dengan industri, baik di dalam pembelajaran maupun pengembangan teaching factory secara kuantitas dan kualitas, meningkatnya kualitas pendidik, dan tenaga kependidikan beserta dengan kinerja dari seluruh unsur sekolah," jelas Nining Faridah, Kepala SMKN 1 Grati.

 

Selain itu, tersedianya fasilitas dan sarana pembelajaran yang memadai menjadi kebanggaan tersendiri bagi para peserta didik karena kemajuan yang didapatkan di program keahlian pusat keunggulan.

 

Program SMK PK telah mentransformasi SMKN 1 Grati untuk selaras dengan kebutuhan dunia kerja. Tahun ini SMKN 1 Grati berharap dapat melanjutkan Program SMK PK melalui Skema Pemadanan Dukungan.

 

“Melalui skema pemadanan dukungan kami ingin mengembangkan teaching factory yang lebih aktif dan produktif, menjadi pusat pembelajaran bagi SMK lain, dan menghasilkan lulusan yang terserap, bahkan menjadi wirausaha,” jelas Nining.

 

Dukungan terhadap kegiatan yang dilakukan SMKN 1 Grati datang dari salah satu mitranya, PT Indonesia Power Grati POMU.

 

Akhmad Khayubi, Ahli Muda Community Development PT Indonesia Power Grati POMU, mengatakan, selama ini sinergi telah dilakukan pada delapan kompetensi keahlian “link and match”, mulai dari kunjungan industri, sinkronisasi kurikulum, PKL, kelas industri, rekrutmen siswa, hingga bantuan beasiswa prestasi dan bagi siswa tidak mampu.

 

“SMK Negeri 1 Grati merupakan SMK di wilayah Pasuruan Timur yang memiliki banyak prestasi, baik lokal maupun nasional. PT Indonesia Power Grati POMU sebagai anak perusahaan BUMN merupakan mitra DUDI SMKN 1 Grati mendukung sepenuhnya kegiatan yang dilakukan oleh SMKN 1 Grati,” ujar Akhmad. (Diksi/Mya/AP/NA)