SMK Krian 2 Makin Keren

Sidoarjo, Ditjen Diksi -- Gedung Workshop Otomotif SMK Krian 2 Sidoarjo, Jawa Timur, diresmikan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto (4/2). Peresmian tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wahid Wahyudi, yang juga menjabat sebagai Plt. Sekda Provinsi Jawa Timur, didampingi Plt. Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI) Saryadi, Kepala SMK Krian 2 Sidoarjo Indra Wahyu Suliswanto, Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo, mitra industri dan perusahaan, serta perwakilan Kepala SMK se- Kabupaten Sidoarjo.

 

SMK yang dikomandani peraih penghargaan CEO SMK Kinerja Unggul dan Cakap Digital Tahun 2021 ini semakin memberikan terobosan-terobosan segar dalam meningkatkan kualitas SDM tenaga pengajar dan fasilitas sekolah. "Di sini (SMK Krian 2) jam mengajar guru dari hari Senin sampai dengan Jumat. Sedangkan hari Sabtu siswa diajar oleh para pengajar dari mitra industri. Adapun para guru tetapnya mengevaluasi kinerja selama seminggu," terang Indra.

 

Dikatakan Indra, selama 20 tahun berdiri, SMK Krian 2 Sidoarjo selalu mengalami perubahan untuk menuju kemajuan. “Sekarang ini SMK Krian 2 Sidoarjo juga telah bersertifikat ISO 9001:2015, serta mempunyai program ‘Skarida Siap Kerja’. Selain itu, terdapat pula program ‘Student dan Teacher Exchange', serta kewirausahaan,” tambahnya.

 

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wahid Wahyudi menyampaikan apresiasi kepada Dirjen Wikan yang menaruh perhatian sangat besar terhadap perkembangan SMK di Jawa Timur.  “Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melalui pesannya, beliau mengusulkan di samping ada LKS, ada sebuah penilaian kinerja pendidikan vokasi di masing-masing provinsi dan juara umumnya dari Jawa Timur,” ujarnya.

 

Langkah yang diambil Provinsi Jawa Timur terkait pengembangan vokasi merupakan program utama Gubernur Khofifah yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Provinsi Jawa Timur. Seperti menargetkan perbandingan antara SMK dan SMA, yakni 70 persen dari SMK serta 30 persen untuk SMA.

 

Menurut Dirjen Wikan, Kepala SMK Krian 2 Sidoarjo ini memang sangat luar biasa. Di samping sosoknya mirip bintang film, prestasinya tak kalah menantang, yaitu berhasil meraih 2 penghargaan sebagai CEO SMK Kinerja Unggul dan Cakap Digital Tingkat Nasional. “Jalan ke pasar jangan lupa dompet dibawa, buat beli es krim rasa duren. SMK Krian 2 memang wow dan keren”, ujar Wikan melalui lirik pantunnya.

 

Selain meresmikan Gedung Workshop, Wikan juga menjajal karya otomotif dari siswa. Sebuah motor dengan basic Honda Scoopy diubah menjadi motor listrik. "Motornya keren, dan tadi saya mencoba membonceng Pak Saryadi. Akselerasinya masih oke banget," pungkasnya. (Diksi/DN/AP/NA

SMK Krian Makin Keren
Caption

)