Sambut HUT RI ke-74, Kemdikbud-Ristek Gelar ‘Rayakan Merdekamu’

Jakarta, Ditjen Diksi – Menyambut HUT Republik Indonesia (RI) ke-74, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud-Ristek) menyelenggarakan berbagai lomba bertajuk “Rayakan Merdekamu”.

Mendikbud-Ristek Nadiem Anwar Makariem menyampaikan, perayaan ulang tahun kemerderkaan RI kali ini merupakan momen terbaik untuk dapat memperkuat kebersamaan bersama bangsa yang kuat karena bhineka, terlebih pada situasi dan kondisi pandemik Covid 19 saat ini. Karenanya, Nadiem pun mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam menyemarakkan lomba tersebut.

“Saya mengajak adik-adik pelajar juga teman-teman mahasiswa, ibu dan bapak pendidik/tenaga kependidikan, pelaku seni dan budaya, serta rekan-rekan media di seluruh Indonesia untuk berpartisipasi dalam lomba ‘Rayakan Merdekamu’,” tutur Nadiem.

Adapun lomba yang diselenggarakan dalam momen “Rayakan Merdekamu” meliputi Lomba Karya Kreatif Kebhinekaan, Lomba Video Pembelajaran Kreatif, serta Lomba Artikel Kebhinekaan. Pendaftaran ketiga lomba tersebut dibuka sejak 18 Juli hingga 9 Agustus 2021.

Perlombaan yang tidak dipungut biaya ini terbagi menjadi 8 kategori, yaitu: 

• Kategori 1: TK/PAUD/TKLB/sederajat dan SILN jenjang PAUD.

• Kategori 2: SD/SDLB/sederajat dan SILN jenjang SD.

• Kategori 3: SMP/SMPLB/sederajat dan SILN jenjang SMP.

• Kategori 4: SMA/SMK/SMALB/SMKLB/sederajat dan SILN jenjang SMA.

• Kategori 5: Mahasiswa/i.

• Kategori 6: Pelaku seni dan budaya/ masyarakat umum.

• Kategori 7: Pendidik/ Pendidik SILN.

• Kategori 8: Wartawan.

“Mari membangun Indonesia tangguh dengan merayakan kemerdekaan kita dengan belajar, berkarya, dan berbangsa. Saya tunggu partisipasi kalian dalam lomba ‘Rayakan Merdekamu’,” tegas Nadiem. 

Sementara itu, untuk informasi lebih lanjut mengenai persyaratan pendaftaran masing-masing lomba dan kategori dapat dilihat melalui situs https://rayakanmerdekamu.kemdikbud.go.id. (Diksi/Tan/AP/Teguh Susanto)