Resep Bakpia SMKN 1 Cibadak Dapat Paten HaKI

Cibadak, Ditjen Diksi -- Siapa yang tidak kenal penganan ringan yang bernama bakpia. Kalau disebut bakpia pasti terbayang Kota Yogyakarta? Tentu saja, karena bakpia sangat terkenal dengan oleh-oleh makanan ringan ini yang beragam nama dan citarasanya, semisal original (kacang ijo), coklat, durian, ataupun keju.

 

Namun, jangan salah lho, bakpia satu ini yang akan dikenalkan di sini tidak kalah terkenal. Bukan hanya karena bahan dan rasanya, akan tetapi juga bukan hasil olahan pabrikan atau home industry seperti kebanyakan di Yogyakarta.

 

Bakpia Ubi Ungu, ya, Bakpia Ubi Ungu. Mungkin ada juga di Yogyakarta atau daerah. Namun, Bakpia Ubi Ungu yang satu ini sangat berbeda dengan produk bakpia kebanyakan yang sudah dikenal selama ini.

 

Bakpia Ubi Ungu ini berasal dari Cibadak, salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Terbilang istimewa karena dibuat oleh siswa-siswi SMKN 1 Cibadak sebagai produk berbasis pembelajaran pendidikan vokasi.

 

Bakpia Ubi Ungu ini salah satu produk unggulan dari teaching factory (Tefa) program studi Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) SMKN 1 Cibadak.

 

"Bakpia Ubi Ungu kita lebih bagus dari bakpia lainnya, seperti yang diproduk di Yogyakarta. Bahan ubi ungunya lebih lebut dan khas, tidak lembek. Jadi, memang sangat berbeda bakpia ubi ungu produk Tefa SMKN 1 Cibadak," kata guru pembina prodi APHP SMKN 1 Cibadak Anfilla Sujarwati.

 

Selain itu, resep bakpia Ubi Ungu SMKN 1 Cibadak pada Februari 2022 ini mendapat Paten dari Ditjen HaKI Kementerian Hukum dan HAM.

 

“Sebenarnya kita mengajukan lima paten untuk jenis makanan dan minuman, takan tetapi yang keluar baru paten Bakpia Ubi Ungu,” ujar Kepala SMKN 1 Cibadak Iwan.

 

Bakpia Ubi Ungu, kata Anfila, sebenarnya sudah dikembangkan sejak 2017. Saat itu SMKN 1 Cibadak ditunjuk PT Bogasari Flour Mills sebagai Bogasari Centre untuk pengembangan produk makanan, termasuk untuk melatih UKM-UKM sekitar Sukabumi.

 

"Sebab, peralatan boga khusus makanan kita lengkap yang sebelumnya dapat bantuan dari Jerman," katanya.

 

Bakpia Ubi Ungu makin dikenal lagi saat siswa SMKN 1 Cibadak ikut lomba yang digelar PT Bogasari di Bogor Oktober 2018. Saat itu, SMKN 1 Cibadak menjadi juara II, SMKN 3 Sukabumi juara III, sedangkan juara I diraih SMKN 1 Bogor. (Diksi/Mya/AP/NA)