Punya Passion Musik Klasik, Vokasi Memberi Ruangnya!

Punya Passion Musik Klasik, Vokasi Memberi Ruangnya!

Jakarta, Ditjen Diksi -- Musik adalah bahasa universal yang bisa dipahami semua lapisan, dari usia anak sampai dewasa. Era modern menghantarkan musik tidak hanya sebuah karya, tetapi sudah menjadi bagian industri. Terlebih, tumbuhnya platform-platform digital semakin membuka ruang kepada musik untuk masuk ke dalamnya.

 

Pada 2016, McKinsey & Company menyebut Indonesia sebagai bagian empat negara paling potensial untuk industri musik digital, selain Thailand, Hong Kong, dan Malaysia. Tak heran, Indonesia berkontribusi terhadap 34,7% pasar JOOX, 9,8% pasar Spotify, dan 10,2% pasar SoundCloud di Asia Tenggara.

 

Perkembangan ini tak lepas dari kemajuan pendidikan. Salah satunya adalah dibukanya jurusan seni musik di jenjang pendidikan menengah, perguruan tinggi, dan bahkan semakin menjamurnya lembaga kursus musik. Di sinilah pendidikan vokasi mengambil peran penting.

 

Untuk jenjang SMK, adik-adik yang masih duduk di bangku SMP dan memiliki minat balajar musik klasik seyogianya perlu tahu 3 SMK dengan jurusan musik klasik berikut ini:

 

1. SMKN 2 Kasihan

SMKN 2 Kasihan, Bantul, Yogyakarta ini lebih dikenal dengan Sekolah Menengah Musik (SMM) Kasihan Bantul. SMM didirikan atas inisiatif masyarakat musik dan budayawan yang ada di Indonesia (khususnya pemusik Kraton Yogyakarta), serta berdiri pada 17 Desember 1951 berdasarkan SK Menteri Pendidikan Pengajaran & Kebudayaan. Sekolah ini beralamatkan di Jl. PG. Madukismo, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

 

SMM memiliki jurusan musik klasik dengan beragam keahlian dari alat musik gesek, tiup kayu, tiup logam, gitar, piano, perkusi, dan vokal. Dilengkapi dengan raung belajar yang sangat memadai, SMM Kasihan mengusung konsep pembelajaran berbasis kompetensi dan produksi jasa pertunjukan musik menjadi langkah positif yang ditawarkan kepada siswa dan orang tua murid guna mengembangkan jiwa entrepreneur. Harapannya, tamatan SMK Negeri 2 Kasihan mampu menjadi aset dan bukan menjadi beban. Hal ini menjadi realisasi program Merdeka Belajar.

 

Beberapa musisi besar lahir dari SMM, misalnya Idris Sardi yang dikenal sebagai komposer legendaris atau Pranawengrum Katamsi yang dijuluki Ibu Seriosa Indonesia, serta C. Tuwuh, dan Oni Krisnerwinto.

 

Nah, untuk penerimaan peserta didik baru tahun 2022 ini masih dibuka pendaftarannya sampai tanggal 27 Mei 2022. Informasi lengkap bisa dibuka di https://ppdb.smmyk.sch.id/umum/index.php. 

 

2. SMKN 12 Surabaya

SMKN 12 Surabaya merupakan SMK dengan basis ekonomi kreatif. Ada banyak jurusan, di antaranya  bidang  seni pertunjukan, seni rupa, seni kriya, seni broadcasting, dan teknologi. Salah satu jurusan di bidang seni pertunjukan adalah julusan musik dengan kompetensi keahlian seni musik klasik. Sekolah ini  berada di Jl. Siwalankerto Permai No. 1, RT 05 RW 06, Siwalan Kerto, Wonocolo. Surabaya.

 

Awalnya SMKN 12 merupakan penggabungan dua sekolah, yaitu SMKN 9 (Sekolah Menengah Karawitan Indonesia/SMKI) dan SMKN 11 (Sekolah Menengah Seni Rupa/SMSR). Dengan melihat situasi dan kondisi serta perkembangannya, kemudian sejak 12 Desember 2012 dua sekolah yang berbasis seni, budaya, dan teknologi ini kemudian digabung kembali oleh Pemerinah Kota Surabaya menjadi SMK Negeri 12 Surabaya.

 

Fasilitas ruang belajar dengan kelas-kelas spesialisasi keahlian boleh dibilang memadai. Beberapa waktu lalu lulusan SMK ini sempat membuat heboh dunia dengan karya spektakulernya, “Wonderland Indonesia” persembahan Alffy Rev, musisi muda yang mulai diperhitungkan dengan karya-kaya kerennya.

Nah, untuk penerimaan peserta didik baru tahun 2022, informasi lengkap bisa dibuka di https://smkn12surabaya.sch.id/ppdb. 

 

3. SMKN 2 Cibinong

Mungkin akan terasa asing ketika di Cibinong, Bogor, ada SMK jurusan seni musik dengan kompetensi musik klasik. Akan tetapi, sekolah ini telah berdiri di Jl. SKB No. 1, Karadenan, Kec. Cibinong, Kabupaten Bogor.

 

Untuk mengembangkan kompetensi lulusannya, SMKN 2 Cibinong bekerja sama dengan PT Kawai Indonesia yang merupakan produsen piano dari Jepang. Banyak lulusan SMKN 2 Cibinong yang terserap ke sana sebagai calon guru musik. Di sekolah ini dilengkapi audiotorium modern yang siap menggelar pertunjukan orkestra. Untuk uji kompetensi siswanya, SMKN 2 Cibinong melibatkan musisi beken Tanah Air Addie MS sebagai pengujinya. Di tahun 2019, SMK ini mewakili Jawa Barat tampil di ajang “World Orchestra Festival Vienna”, Austria.

 

Bagaimana? Tertarik untuk menggeluti dunia musik? Vokasi memberikan tempat terbaik buat adik-adik! (Diksi/DN/AP/NA)