Polnep Gelar Pelatihan Vokasi Program Kotaku

Pontianak, Ditjen Diksi – Politeknik Negeri Pontianak (Polnep) menggelar program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) melalui pelaksanaan pelatihan vokasi (vocational training) tenaga pendukung kegiatan fisik (tukang) yang dilaksanakan pada tanggal 2-5 September 2021 dengan metode pembekalan teori dan praktik di Jurusan Teknik Sipil Polnep. Adapun untuk pelaksanaan kegiatan uji kompetensi dilakukan oleh asesor dan penerbitan sertifikat yang bekerja sama dengan Balai Jasa Kontruksi Wilayah V Banjarmasin.

Pembekalan dan uji sertifikasi kompetensi tenaga kerja konstruksi kerja sama pejabat pembuat komitmen Pengembangan Kawasan Pemukinan (PKP), Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah 1 Provinsi Kalimantan Barat, dan Polnep secara resmi dibuka Direktur Polnep Muhammad Toasin Asha. Adapun total peserta berjumlah 170 orang tukang dari seluruh kabupaten/kota di Kalimantan Barat.

Program Kotaku merupakan salah satu upaya untuk mencapai target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 dengan target penanganan kumuh seluas 10.000 Ha. Pada RPJMN sebelumnya, program ini telah berkontribusi dalam target penanganan kumuh tahun 2015-2019 seluas 23.962 Ha dari target 23.656 Ha. 

“Pendekatan kegiatan untuk penanganan kumuh dilakukan melalui kegiatan skala lingkungan dan skala kawasan,” ujar Indah Rosanti, Ketua Jurusan Teknik Sipil Polnep. 

Indah pun menjelaskan, di tengah kondisi pandemik tersebut kegiatan pelatihan vokasi turut hadir untuk mengurangi dampak ekonomi dan sosial, serta untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi masyarakat dalam rangka mendukung pelaksanaan infrastruktur kegiatan skala lingkungan, skala kawasan, dan padat karya bagi masyarakat yang terdampak. “Pelatihan tukang ini telah dilaksanakan oleh Jurusan Teknik Sipil bersama PUPR Wilayah V Banjarmasin sebanyak 4 kali,” jelasnya. (Diksi/Erwandi/AP)