Polimedia-Pemprov Kaltara Jalin Kerja Sama

Jakarta, Ditjen Diksi – Sebagai provinsi termuda Tanah Air, Kalimantan Utara (Kaltara) memiliki banyak produk UKM olahan makanan dan produk kerajinan yang unik dan menarik. Karenanya, produk-produk tersebut harus dikemas lebih menarik hingga akhirnya mendapat respons yang baik di pasaran.

Untuk itulah, Pemprov Kaltara melakukan kerja sama (MoU) dengan Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) dalam bidang “Pengembangan Kelembagaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Pemanfaatan Sumber Daya”. Penandatanganan MoU itu dilakukan oleh Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang dengan Direktur Politeknik Negeri Media Kreatif Purnomo Ananto (4/3).

“Kaltara memiliki banyak produk UKM yang bagus, namun perlu kemasan yang lebih bagus lagi. Sehingga, memiliki nilai tambah dan lebih menarik,” ujar Zainal.

Mahasiswa dari Kaltara di sini, imbuhnya, nantinya harus serius belajar, sehingga hasilnya bisa dibawa ke daerah untuk melatih para milenial yang ada di sana untuk berkreasi dan berinovasi. Alhasil, cita-cita Pemprov Kaltara pun dapat segera terwujud.

Zainal berharap, kerja sama ini dapat meningkatkan mutu pendidikan di wilayahnya. Pasalnya, produk rumahan UKM Kaltara akan lebih menarik dengan desain yang bagus.

Zainal pun menyebutkan cita-cita yang akan diutamakan di wilayahya adalah masalah pendidikan, perikanan, dan perhutanan. “Tiga sektor inilah yang menjadi prioritas kami agar masyarakat lebih pintar dan hebat, terutama generasi muda yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi,” paparnya.

Menjawab hal itu, Purnomo Ananto mengatakan Polimedia akan mendidik mahasiswa asal Kaltara terkait packaging, design, dan printing. Namun sebelum masuk, mahasiswa akan diseleksi supaya sesuai keminatan mahasiswa yang bersangkutan. “Seleksi ini juga diharapkan supaya mahasiswa bisa menyelesaikan studinya dengan baik, serta tidak ada yang gagal di tengah jalan,” terangnya.

Berdiri sejak 2008, Polimedia kini memiliki 14 prodi yang terdiri empat jurusan, yakni Teknik Grafik, Desain, Penerbitan, dan Pariwisata dengan tingkat sarjana terapan/D4 dan D3.

Di akhir MoU, Direktur Polimedia berkesempatan menyematkan jaket almamater kepada Gubernur Kaltara Zainal Arifin, sebagai tanda pengukuhan warga kehormatan kampus. (Diksi/Polimedia/AP)